as
as

BPJS TK-Pemkab Tambrauw Kerjasama Lindungi 1758 ASN, 9000 Pekerja Rentan Menyusul

IMG 20240504 WA0028

Koreri.com, Sorong – BPJS Ketenagakerjaan (TK) Cabang Papua Barat kembali melakukan kerjasama perlindungan tenaga kerja.

Kali ini, dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya yang ditandai dengan penandatangan kerjasama bertempat di Swiss-Belhotel Sorong, Jumat (3/5/2024).

as

Teken kerjasama ini bertujuan untuk melindungi 1758 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tambrauw.

Kepala BPJS TK Papua Barat Nasrullah Umar mengatakan, teken kerja sama ini merupakan cita-cita bersama agar dapat melindungi seluruh tenaga kerja, termasuk ASN anggota Korpri di Kabupaten Tambrauw.

“Program yang akan diikutkan nantinya yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” ungkap dia mengawali sambutannya.

Nasrullah menekankan manfaat dari program JKK dan JKM tersebut dapat dirasakan oleh ahli waris, apabila terjadi resiko kecelakaan kerja atau kematian yang dialami tenaga kerja.

“Kedua program ini akan aktif sejak BPJS Ketenagakerjaan telah menerima pembayaran iuran dari Pemkab Tambrauw. Jadi tidak ada jeda waktu yang kosong, apabila sudah dilakukan pembayaran iuran,” sambungnya.

Sementara untuk pekerja rentan, lanjut Nasrullah, BPJS TK berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tambrauw dan menemukan kurang lebih 9.000 pekerja rentan yang nanti akan dilindungi pada tahun 2024.

IMG 20240504 WA0029“Semoga dengan kerja sama ini menjadi satu langkah yang positif untuk masyarakat, dimana keberadaan pemerintah daerah dapat dirasakan oleh masyarakatnya sendiri,” tutur Nasrullah.

Diakui Nasrullah pada momen yang bersamaan, BPJS TK juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan seluruh puskesmas di Kabupaten Tambrauw.

“Kami kerja sama dengan puskesmas tentu melalui semangat dari Tambrauw kembali ke Tambrauw. Kalau terjadi resiko kecelakaan kerja, itu menjadi tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan bersama seluruh puskesmas yang diatur dalam kerja sama yang ditandatangani. Sebelumnya, kami juga telah menjalin kerja sama dengan RSUD Tambrauw,” terangnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu menyambut baik penandatanganan kerja sama dengan BPJS TK Papua Barat.

“Kemarin yang kami tanda tangani adalah aparat kampung dan pekerja rentan. Kemudian hari ini yang kami mau tanda tangani untuk seluruh anggota Korpri di Kabupaten Tambrauw,” ungkapnya.
Usai teken kerja sama tersebut, Kocu meminta jajarannya melalui dinas terkait untuk melakukan pendataan dengan baik dan benar.

“Kemudian klausul-klausul di dalam kerja sama tersebut apa yang perlu diselesaikan, lalu apa yang perlu disepakati secara bersama dan untuk pembayaran iuran nanti kami menyesuaikan, mengingat tahun ini tahun politik, ada Pemilu dan Pilkada,” beber Kocu.

Kocu menambahkan, untuk tahun 2025 seluruh masyarakat Kabupaten Tambrauw akan dijamin diri dan keluarganya.

“Untuk tahun depan saya pikir sudah tidak ada beban. Semua masyarakat akan kami lindungi melalui program BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya.

ZAN

as

as