as
as

Bupati Petrus Kasihiw dan Ketua PKK Teluk Bintuni Hadiri HUT ke 44 Dekranas di Kota Solo

IMG 20240516 WA0002

Koreri.com, Solo – Kota Surakarta menjadi tuan rumah HUT ke 44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 52 PKK, 15-18 Mei 2024.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku pembina Dekranas membuka secara resmi acara tersebut bertempat di Hotel Alila, Kota Solo, Rabu (15/5/2024) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Bupati Petrus Kasihiw turut hadir bersama Ketua Dekranasda Teluk Bintuni Priska Pricilia Kasihiw.

Bupati Petrus dalam keterangannya kepada awak media, mengakui kehadirannya pada kegiatan ini bersama sang istri Priska Pricilia Kasihiw adalah dalam kapasitas sebagai Dewan Pembina Dekranasda dan PKK Teluk Bintuni.

Setiap stand dari seluruh provinsi di Indonesia termasuk Papua Barat dihadirkan dalam acara itu.

“Dan di stand Papua Barat sendiri juga terdapat hasil-hasil dari Teluk Bintuni. Memang ada beberapa kabupaten tetapi Bintuni yang diberi kesempatan mengisi stand Papua Barat,” terangnya.

IMG 20240516 WA0003Bupati lantas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Gubernur Ali Baham Temongmere dan istri selaku Ketua Dekranasda dan Tim Penggerak PKK Papua Barat yang sudah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Teluk Bintuni mewakili Papua Barat di pentas nasional kali ini.

Bupati kemudian menyebutkan beberapa karya atau produk lokal yang ditampilkan Kabupaten Teluk Bintuni dalam stand Papua Barat seperti kepiting, udang , ikan kaleng disamping hasil-hasil kerajinan dari kabupaten yang lain.

“Acara ini juga betul-betul ramai dan menunjukkan satu kebersamaan yang mencirikan persatuan dalam keberagaman,” sambungnya.

Kemudian juga masing-masing provinsi menampilkan kreasi lokalnya dalam karnaval seperti kendaraan hias, pakaian-pakaian adat yang dipamerkan sepanjang jalan raya Kota Solo menuju ke lokasi pameran.

Disinggung soal rencana pengembangan kerajinan di Kabupaten Teluk Bintuni, Bupati Petrus mengakui telah melakukan itu.

IMG 20240516 WA0004“Dekranasda Teluk Bintuni ini kan baru dilantik tahun ini tetapi dalam waktu yang singkat ini kita sudah bangun gedung Dekranasda, susunan kepengurusannya sudah dilantik. Dan saya berharap dapat bekerja sama dengan komponen-komponen masyarakat lainnya, UMKM, para pengrajin dan pengusaha lokal daerah untuk menggiatkan industri rumah tangga. Itukan yang menjadi kekuatan kita,” imbuhnya.

Dan ini akan menjadikan potensi mendatangkan pendapatan bagi rumah tangga.

“Artinya Dekranasda itu sebagai lembaga nirlaba, tidak hanya mengumpulkan tetapi dia memasarkan, jadi seperti pasar,” harapnya.

Tak lupa, Bupati Petrus secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang telah memprakarsai kegiatan Dekranasda dan juga PKK dipadukan menjadi satu di Kota Solo ini.

“Itu artinya keinginan untuk selalu menampilkan karya-karya anak bangsa yang selama ini telah digiatkan dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mulai dari pusat hingga ke daerah. Dan kita berharap Presiden yang baru akan melanjutkan ini dengan lebih baik, menjadikan yang lokal menjadi nasional,” pungkasnya.

KENN

as

as