as
as

Miris!!! Rekomendasi Balon Bupati Malra Partai NasDem Tidak Sesuai Hasil Survey

nasdem kelabu 1

Koreri.com, Ambon (7/12) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) diminta untuk selektif dalam menentukan pilihan politiknya terhadap bakal calon (balon) bupati Maluku Tenggara (Malra) harus didasarkan pada hasil survei.

Salah satu tim pemenangan Balon Bupati Malra, Mat Sopamena mengatakan hasil survei merupakan ukuran dan standar politik bagi partai NasDem untuk merekomendasikan balon kepala daerah yang bertarung di pilkada serempak kabupaten Malra tahun 2018 nanti.

“Saya kira, seluruh masyarakat Maluku tahu betul metode atau pendekatan yang dipakai oleh Partai NasDem dalam menentukan sikap politiknya. Metode atau pendekatan itu adalah hasil survei dari lembaga survei independen yang ditunjuk oleh DPP Partai NasDem. Tetapi pada pilkada Maluku Tenggara, NasDem tidak memakai pendekatan hasil survei” ungkapnya di Ambon, Kamis (7/12).

Dijelaskan Sopamena, hal itu terbukti pada rekomendasi partai NasDem berpeluang diberikan ke balon kepala daerah yang hasil surveinya jauh dari  fakta politik di lapangan. Hasil survei dari lembaga survei ternama misalkan Saiful Mujani, balon bupati Malra, Muhamad Taher Hanubun menempati posisi teratas dengan presentasi dukungan sebesar 27, 3 persen. Posisi kedua ditempati Esebius Utha Savsavubun 11, 0 persen disusul Angelius Rejaan sebesar 7,5 persen. Sementara tingkat elektabilitas Muhamad Taher Hanubun lebih unggul dibandingkan dengan balon bupati lainnya yakni 91 persen.

“Kalau kita sandarkan pada hasil survei Saiful Mujani, maka balon bupati yang paling tepat untuk diusung partai NasDem yakni Mumahad Taher Hanubun. Itu kalau partai NasDem mau menang dalam pilkada serempak di kabupaten bertajuk Larwul Ngabal,” tandasnya.

Sopamena juga mempertanyakan kapasitas ketua Komando Pemenangan Partai NasDem Maluku yang mana mestinya dalam proses pilkada ini, harus netral dan tidak berimbang serta mampu menciptakan kualitas politik yang menguntungkan partai NasDem.

“Bukan sebaliknya membuat situasi politik partai NasDem menjadi memanas, lantaran sikap tidak netralnya. Saya heran, kalau Ketua Komando Pemenang Partai Nasdem Maluku menjadi tim sukses salah satu calon Bupati Malra dalam hal ini,”kesalnya.

Sopamena  berharap, Ketua Komando Pemenang Partai  Rosita Usman dievaluasi dari jabatannya oleh DPP Partai NasDem.

“Karena kita tahu persis Partai NasDem berkeinginan untuk memenangkan seluruh pertarungan politik di tahun 2018. sehingga pemilu 2019 nanti, target partai NasDem untuk meraih kursi sebanyak mungkin di seluruh kabupaten/Kota akan terwujud,” pungkasnya. (MP-RR)

as