as
as

Museum Israel segera turunkan patung McJesus

mcjesus1

Koreri.com – Sebuah karya seni yang menggambarkan peristiwa penyaliban Ronald McDonald akan segera diturunkan dari Museum Haifa akibat protes yang dilakukan oleh pemeluk Kristen setempat, kata Gubernur Einat Kalisch-Rotem, Rabu (16/1).

Pada Minggu, Gereja Ortodoks Yunani dan Gereja Katolik di Haifa melakukan protes dengan menuntut pengadilan agar menurunkan McJesus dan dua karya seni yang mereka sebut menggambarkan Yesus dan Maria sebagai sebuah obyek komersil.

Menurut Kalischer-Rothem, karya seni tersebut akan segera diturunkan dari pajangan di museum itu.

Hasil karya lainnya akan dipamerkan di ruang terpisah dari benda-benda lain yang dipemerkan.

Benda-benda itu akan dipamerkan pada galeri terpisah dan ditutupi layar untuk memperingatkan pengunjung bawa hasil karya seni itu tidak dimaksudkan untuk menyerang pihak-pihak tertentu namun kami juga akan menghargai keputusan untuk tidak mengunjungi ruang pameran khusus ini.

Kalisch-Rotem mengatakan bahwa pengurus museum percaya terkait kebebasan berekspresi sebagai sebuah fondasi demokrasi. “Kami meminta maaf atas ketidak-nyamanan yang ditimbulkan bagi komunitas Kristen di Haifa dan kekerasan yang terjadi akibatnya,” jelas Kalisch-Rotem, mengacu kepada sebuah protes yang menyebabkan 3 polisi terluka akibat lemparan bom api ke museum itu.

Dan Yakir, seorang kepala konselor Asosiasi Hak-hak Sipil di Israel, mengatakan keputusan gubernur adalah sebuah tanda “kekalahan terhadap kekerasan dan merusak kebebasan berekspresi. Sang Gubernur, sama halnya dengan menteri kebudayaan, tidak boleh melarang apa pun yang dipajang di museum kota.”

Sementara itu, Jani Leinonen, sang pekerja seni asal Finlandia yang menelurkan karya seni itu sebenarnya telah meminta museum untuk menurunkan karyanya pada September 2018 dan pada pekan ini, namun belum mendapat tanggapan dari museum tersebut.

Menteri Budaya Miri Regev telah memerintah museum Haifa untuk menurunkan karya seni tersebut minggu lalu dengan mengancam akan memotong bantuan finasial pemerintah bagi museum itu.

ARD

Sumber: www.haaretz.com

as