as
as

KKB Tembak 3 Karyawan PTFI di Kuala Kencana, 1 WNA Tewas

KKB Tembak 3 Kuala Kencana

Koreri.com, Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak menembak 3 karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Senin (30/3/2020) sekitar pukul 13.50 WIT.

Aksi penembakan tersebut mengakibatkan 1 orang WNA asal New Zealand meninggal dunia dan dua WNI luka – luka.

“Jadi, atas kejadian itu satu karyawan atas nama Graeme Thomas Weal (WNA) meninggal dunia dan 2 orang lainya, Jibril MA Bahar dan Ucok Simanungkalit mengalami luka – luka,” kata Kabid Humas, Kombes Pol. AM. Kamal di Mapolda Papua, Senin (30/3/2020).

Menurutnya KKB menyerang Kuala Kencana karena merupakan kawasan perkantoran dan permukiman PTFI yang berada di dataran rendah Timika.

“Saat ini personil gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Joni Botak itu, ke dalam hutan Kuala Kencana,” jelas Kamal.

Sebelumnya dilaporkan penembakan dari KKB  di area Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, tepatnya di lokasi parkir Office Bulding (OB) perkantoran PT Freeport di Main Office Kuala Kencana.

Dari data yang dihimpun, posisi serangan di area kanan parkir OB dan area parkir Gereja Betlehem Kuala Kencana dan 3 karyawan PTFI Korban, 1 WNA dan 2 WNI.

“Waktu menyerang, KKB terbagi 2 kelompok dengan jumlah 8 orang membawa senjata laras panjang 3 pucuk,” jelasnya.

Saat ini kantor Office Building sedang siaga dan korban di evakuasi ke RS Klinik Kuala Kencana untuk penanganan medis.

VER

as