as
as

Akses Keluar Masuk Papua Mulai Dibuka

Wagub Pap Akses Keluar Masuk Dibuka web

Koreri.com, Jayapura – Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota sepakat memperpanjang masa pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 tahap V selama 14 hari, mulai tanggal 5 – 19 Juni 2020.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, mengatakan Pemerintah akan melakukan relaksasi dan buka akses keluar masuk Papua dengan menggunakan protokol kesehatan.

“Sekarang bandara dan pelabuhan sudah bisa dibuka secara teknis diatur dinas terkait, untuk 14 daerah zona merah tetap gunakan ikuti protokol kesehatan,” terangnya usai rapat forkompimda bersama Bupati/Wali Kota di Hotel Swisbell Kota Jayapura, Rabu (3/6/2020) malam.

Sementara untuk 15 Kabupaten yang masuk zona kuning dan hijau boleh aktivitas seperti biasa.

“Tapi Bupati harus disiplin dengan protokol kesehatan yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi akan bekerja kembali kemudian masyarakat yang mau pulang sudah bisa berangkat lewat pelabuhan dan bandara.

“Tapi harus gunakan mekanisme dan prosedur kesehatan yang sudah disiapkan,” katanya.

Pembatasan waktu aktivitas warga sampai pukul 17.00 WIT.

“Untuk aktivitas jual beli sementara pukul 18.00 itu buat karyawan siap pulang,” jelasnya.

Untuk pendidikan masih belajar dari rumah, sementara sudah bisa masuk beraktivitas di kantor.

“Jangan pikir semua daerah di Papua tutup, hanya 14 Kabupaten / Kota yang zona merah yang gunakan protokol kesehatan,” katanya.

Wagub minta masyarakat jangan panik dengan berita tidak berkualitas.

“Untuk rumah ibadah, pasar dan Mall di 15 Kabupaten zona kuning tidak ada masalah dan tetap laksanakan aktivitas seperti biasa,” kata Wagub.

Dikatakan, Papua belum bisa terapkan New Normal karena trend positif Covid-19 masih terus naik belum sampai titik kulminasi tertinggi.

“Jadi, Papua saat ini belum bisa New Normal karena kurva belum sampai titik tertinggi dan turun pun tidak, sehingga kita sebut Papua saat ini Relaksasi untuk 14 kabupaten/kota zona merah,” katanya.

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota mengharapkan disiplin masyarakat dan bersama – sama disiplin agar supaya Repeat Order (RO) bisa tetap di bawah 1 selama 12 hari.

“Kalau selama 12 hari RO tetap di bawah 1 maka kita sudah masuk di New Normal,” ujarnya.

Dikatakan, mulai tanggal 29 Mei 2020 RO sudah ada di bawah 1 hari ini kita 0,92 dengan peningkatan 31 kasus positif.

“Walaupun 0,92 kita masih di bawah 1, kalau sama – sama jaga sampai tanggal 12 Juni kita tetap di bawah 1 maka kita sudah New Normal. Mari kita jaga RO ini dengan baik,” kata Klemen.

VER

as