as
as

3 Figur Cawagub Ini Masuk Radar PBB, Komjen Waterpauw Salah Satunya 

Komjen Pol. Paulus Waterpauw
Kepala Baintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw

Koreri.com, Jayapura – Sejumlah nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua yang digadang-gadang bakal mengisi jabatan yang ditinggalkan Klemen Tinal karena tutup usia terus menjadi topik hangat pembahasan di berbagai kalangan.

Kini muncul 3 figur calon yang kabarnya bakal diusung Partai Bulan Bintang (PBB) Papua.

Tiga nama itu adalah Kenius Kogoya yang kini merupakan ketua Partai Hanura Provinsi Papua, Yansen Tinal yang merupakan adik kandung dari almarhum Klemen Tinal dan merupakan kader Partai Golkar serta Komjen Pol Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang juga dua kali menjabat sebagai Kapolda Papua.

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Papua Fransiskus Xaverius Magai S.Pi ketika dihubungi pada Sabtu (31/7/2021) malam sekitat pukul 19.00 WIT mengaku ada sejumlah nama Cawagub yang tengah mencuat.

“Di antaranya ketiga nama yang disebutkan tadi diatas. Tapi tentunya kami akan gelar rapat tingkat DPW untuk memutuskan siapa yang akan kami bawa atau usulkan kepada tim koalisi,” katanya membenarkan via telepon seluler.

Magai, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa meski PBB adalah partai pendukung non seat tetapi sebagai salah satu partai koalisi mempunyai hak untuk mengajukan atau mengusulkan nama cawagub termasuk memberikan saran atau masukan kepada Gubernur Lukas Enembe dan tim koalisi yang nantinya akan memutuskan untuk ajukan nama-nama Cawagub ke DPR Papua.

“Hanya saja, kami berharap pengajuan nama-nama cawagub itu tidak melupakan kearifan lokal Papua, adat istiadat setempat sehingga pengusulan nama-nama itu dikemudian hari tidak menjadi persoalan. Apalagi almarhum Pak Klemen Tinal dari wilayah adat Meepago sehingga kita juga harus pertimbangkan hal ini dengan baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata dia, sebaiknya nama-nama cawagub yang diusulkan atau diajukan bukan berasal dari satu suku atau wilayah adat, sehingga keterwakilan suara itu bisa mengakomodir wilayah adat lainnya.

“Kan Pak Gubernur Lukas Enembe itu dari wilayah Lani, Lapago. Baiknya wakilnya dari Meepago, dari wilayah adat almarhum Pak  Klemen Tinal. Kita semua tahu bahwa dari Partai Demokrat paling kencang mendukung Pak Yunus Wonda, namunkan nanti keputusan akhirnya ada di DPR Papua. Harapannya berbagai usulan dari partai koalisi atau pengusung bisa dipertimbangkan,” pintanya.

Magai menegaskan bahwa pada malam ini, DPW PBB Provinsi Papua segera menggelar rapat untuk menentukan nama-nama cawagub yang akan diusulkan.

“Rekan-rekan pengurus sudah mulai berkumpul, malam ini kami  gelar rapat,” tutupnya.

OZIE

as