as
as

Yayasan EcoNusa – Campaign.com Tantang Kaum Muda Lakukan #AksiMudaJagaIklim

Aksi Muda Jaga Iklim

Koreri.com – Memperingati hari Sumpah Pemuda, Yayasan EcoNusa berkolaborasi dengan Campaign.com mengajak anak muda Indonesia bergerak Bersama melestarikan ekosistem dan menjaga iklim dalam #AksiMudaJagaIklim.

#AksiMudaJagaIklim merupakan rangkaian aksi anak muda Indonesia untuk kampanye iklim yang puncaknya akan digelar pada 28 Oktober 2021 pada 76 titik di Indonesia secara serentak.

Untuk mengajak lebih banyak lagi anak muda yang terlibat dalam #AksiMudaJagaIklim ini, Yayasan EcoNusa berkolaborasi dengan Campaign.com menantang anak muda Indonesia untuk melakukan #AksiMudaJagaIklim melalui aplikasi aksi sosial dari Campaign.com yakni Campaign #ForChange.

CEO Yayasan EcoNusa, Bustar Maitar menjelaskan, rangkaian #AksiMudaJagaIklim diinisasi EcoNusa untuk meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat, terutama anak muda, terhadap kelestarian ekosistem hutan dan laut Indonesia, untuk mengurangi krisis iklim yang sudah terjadi.

“Krisis iklim nyata terjadi. Indonesia berhasil dalam usaha mengurangi pembukaan hutan dan kebarakaran hutan dalam 5 Tahun terlahir. Tapi pekerjaan belum selasai. Hampir 50% hutan Indonesia berada di Timur Indonesia khususnya Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Ini adalah penopang hidup kita dan penyeimbang iklim global,” ujar Bustar.

Bryan Auriol selaku Koordinator #AksiMudaJagaIklim mengatakan bahwa 53,81% populasi Indonesia didominasi oleh generasi Z dan milenial yang berusia antara 8-39 tahun, sehingga gerakan masif yang dilakukan kaum muda di Indonesia dalam kampanye krisis iklim diharapkan akan membawa perubahan baik.

“Karenanya, meminjam semangat Sumpah Pemuda, gerakan #AksiMudaJagaIklim akan memobilisasi publik di 76 titik di Indonesia, dengan 3 titik utama di Jakarta, Makassar, dan Ambon. Ditambah dengan berbagai kegiatan online seperti webinar dan tantangan di aplikasi Campaign #ForChange,” ujarnya.

Ada empat aksi yang bisa dilakukan dalam tantangan #AksiMudaJagaIklim di aplikasi Campaign #ForChange.

Pertama, berpartisipasi dalam rangkaian diskusi virtual #AksiMudaJagaIklim berupa webinar, Ngobrol Santai di LIVE Instagram, Nonton Konser Virtual Rock’in Paradise, dan Festival Virtual Jaga Iklim atau ikut aksi kolaborasi di titik terdekat.

Kedua, melakukan tantangan tarian “Defending Paradise Dance”.  Ketiga, membuat komitmen Sumpah Pemuda Jaga Iklim. Keempat, aksi jaga iklim dari rumah dengan melakukan hal kecil namun berdampak seperti hemat listrik, hemat air, melakukan pemilahan sampah, membuat ecobrick, bercocok tanam di sekitar wilayah rumah, dan sebagainya.

Tantangan ini bisa diikuti dengan cara mengunduh aplikasi Campaign #ForChange, kemudian daftar dan ketik “Aksi Muda Jaga Iklim” dalam kolom pencarian di aplikasi.

Bagi 1.500 orang pertama yang menyelesaikan seluruh tantangan ini hingga 05 November 2021, akan mendapatkan e-money sebesar Rp25.000 dan akan ada lima Supporter terpilih yang mendapat hadiah utama.

Pihak Campaign.com berpendapat, menanamkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan memang sangatlah penting untuk dilakukan, namun sayangnya tidak selalu mudah. Karenanya, diperlukan kampanye-kampanye kreatif seperti #AksiMudaJagaIklim ini untuk menggaet publik, terutama anak muda, agar mau berkontribusi lewat aksi nyata.

“Kami sangat senang berkolaborasi dengan EcoNusa untuk kampanye sosial ini. Fokus Campaign.com adalah mewujudkan dunia yang lebih baik, jadi kami juga sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan lebih banyak lagi Organizer agar dampak positif yang tercipta pun lebih luas lagi,” tutur William Gondokusumo selaku CEO dari Campaign.com.

AND

as