as




as

Salut, Aksi Prajurit Kodam Pattimura Gendong Nenek di Pelabuhan Ambon

Koreri.com, Ambon – Malam itu, Senin (13/06/2022) ditengah hujan deras yang mengguyur pelabuhan Yos Sudarso, Ambon banyak mata menyaksikan seorang prajurit TNI menggendong seorang nenek yang hendak menaiki KM. Tidar.

Petrus Emanuel Temorubun, Demisioner Komda PMKRI Maluku- Maluku Utara, yang aktif sebagai ketua DPD Gerakan Petani Milenial Maluku, menjadi salah seorang saksi sebagaimana rilis yang diterima media ini, Kamis (16/6/2022)

Malam itu ia berada di pelabuhan, juga menunggu kapal Tidar. Pither, sapaan akrabnya, bercerita saat itu ia sedang menunggu hujan sedikit reda supaya ia bisa naik ke kapal.

“Kapalnya sudah sandar sekitar jam 9 malam. Dari ruang tunggu sudah banyak sekali orang yang mau naik. Karena hujan sangat deras, orang- orang dan porter pada buru- buru. Saya masih disitu menunggu hujan supaya sedikit reda to” katanya membuka cerita.

“Dari tempat beta berdiri ada salah satu rombongan, termasuk tentara ini yang mau antar mungkin saudaranya. Lalu tak berapa lama, dari arah ruang tunggu, beta melihat ada seorang nenek, beliau naik kursi roda didorong oleh keluarganya. Karena kondisinya hujan besar dan nenek itu tidak bisa jalan, tentara ini langsung refleks membantu. Beta lihat dia gendong nenek itu, ada satu porter yang bantu payungi. Sementara keluarga yang tadi antar, ikut dari belakang bawa barang sama kursi roda” ceritanya.

“Dari hal-hal sederhana seperti ini yang bisa menyentuh hati katong. Dedikasinya patut diacungi jempol. Tanpa dikomandoi langsung mau membantu,” kata Pither ketika dihubungi via telepon.

Usut punya usut, setelah dikonfirmasi, diketahui prajurit yang sudah membantu menggendong nenek itu adalah Praka Fandry Nukuwe, prajurit Kodam XVI/ Pattimura yang sehari- hari berdinas di Denhubrem 151/ Binaiya.

Apa yang dilakukan Praka Fandry merupakan pengamalan dari 8 Wajib TNI, yaitu Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya, sekaligus mencerminkan prajurit Kodam XVI/ Pattimura telah mengimplementasikan “Mutiara Pattimura” yang digagas oleh Pangdam Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Prajurit Kodam XVI/ Pattimura hadir ditengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi, menjadi prajurit pelindung dan perekat bangsa.

“Beta mewakili masyarakat mengucapkan dangke vor bung Fandry Tukane su mau membantu, dangke banyak bapak Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon su membina prajurit TNI yang baik hati dan membantu masyarakat. Semoga Tuhan selalu memberkati. Kedepannya beta berharap semakin banyak lagi anggota TNI seperti bunga Fandry” ucapnya.

PDP-16