as




as

Penambang Tradisional di Manokwari Bantu Pembangunan Fisik di Distrik Masni

Pembukaan pembangunan jalan lingkungan di Kampung Manted, Distrik Masni oleh Koperasi Jasa Putra Manted Mandiri, Kamis (7/7/2022) / Foto : Antara

Koreri.com, Manokwari – Kelompok masyarakat lokal yang tergabung dalam wadah Koperasi Jasa Putra Manted Mandiri memanfaatkan sebagian dari hasil penjualan emas yang didapatkan untuk membantu membiayai pembangunan fisik di Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Ketua Koperasi Jasa Putra Manted Mandiri Seblon Mandacan di Manokwari, Kamis, mengatakan komitmen untuk membantu pembangunan fisik di Distrik Masni dimulai kegiatan pembangunan jalan lingkungan di wilayah Kampung Manted sepanjang 100 meter.

“Sebagian dari hasil kekayaan alam emas yang kami kelola secara tradisional dimanfaatkan untuk membangun perkampungan di wilayah Kecamatan Masni,” kata Seblon.

Tidak hanya di Kampung Manted, Koperasi ini juga siap berkontribusi dalam pembangunan di 32 kampung yang tersebar di Distrik Masni, dimana pembangunan fisik akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan koperasi.

“Hari ini kami mulai melakukan kegiatan pengecoran jalan lingkungan di Kampung Manted sepanjang 100 meter dengan lebar jalan 5 meter. Selanjutnya kegiatan yang sama akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kampung,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou telah melakukan kesepakatan bersama para kepala suku pemilik ulayat lokasi penambangan emas di Kecamatan Masni untuk penerbitan Izin Penambangan Rakyat (IPR).

“Tim kerja yang dibentuk Pemda Manokwari akan membantu percepat proses IPR, sehingga pengelolaan dan pemanfaatan bisa terkontrol,” ujar Bupati pada sebuah kesempatan belum lama ini.

ANT