Mengenal Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia Timur di Arumbae Festival 2022

IMG-1652
IMG_3954
IMG_3827
IMG_4391
IMG_4351
IMG_4375
IMG_4025

Koreri.com, Jakarta – Memperingati hari kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus ini, Arumbae komunitas yang yang berfokus untuk membangun generasi muda Indonesia Timur sukses menyelenggarakan Arumbae Festival 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Twalen Warong, M Bloc Space, Jakarta pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Arumbae Festival sendiri merupakan acara luring pertama yang diselenggarakan oleh Arumbae setelah setahun lebih menyelenggarakan acara-acara yang bertujuan mengembangan potensi generasi muda Indonesia Timur secara daring.

Dengan mengusung tema “Voor Indonesia Timur”, Arumbae Festival merupakan wadah selebrasi kreativitas generasi muda Indonesia Timur yang bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni dan kebudayaan Indonesia Timur di era digital.

Pada kesempatan ini, Arumbae Festival mendatangkan beberapa narasumber yang terbaik di bidangnya untuk bersama-sama membahas soal pariwisata dan kebudayaan di Indonesia dalam 2 talkshow yang mengangkat tema berbeda.

Sesi pertama Arumbae Festival mengusung tema “The Role of Youth in Preserving Eastern Indonesia Culture in The Digital Era” Dengan dimoderatori oleh Yehezkiel Gabriel Ferdinandus (Founder of Arumbae), sesi ini menghadirkan narasumber yaitu Chintya Tengens(TV Host & Traveler/Outdoor Enthusiast) dan  Vander Soukotta (Founder of Baronda.ID).

Di sesi ini para narasumber menekankan pentingnya peran generasi muda untuk memajukan pariwisata Indonesia Timur dengan mulai dari diri sendiri dengan menumbuhkan rasa sense of belonging atau rasa cinta akan daerah asal.

Sementara itu, sesi kedua Arumbae Festival lebih menekan bagaimana pentingnya peran pemangku kepentingan dalam memajukan sistem pariwisata di Indonesia Timur. Dengan mengusung tema “To Create Impact For Eastern Indonesia Tourism from the System” sesi ini dimoderatori oleh Serlly Waileruny (Co-Founder Arumbae). Adapun narasumber dalam sesi ini yang hadir dari berbagai sektor, antara lain Stela Nau (Founder of NTT Muda), Grenata Oroh Louhenapessy (eks Executive Vice President PT. PLN Persero), Yasir Neneama (News Presenter at KompasTV), Theodore Soukotta (Development Worker & Project Coordinator – Asean Foundation).

Dalam sesi ini, pembicara menekankan pentingnya kolaborasi berbagai elemen masyarakat dalam memajukan pariwisata Indonesia Timur baik secara bottom-up dari masyarakat ke pemangku kepentingan maupun top-down dari pemangku kepentingan ke elemen masyarakat.

Selain Talkshow, Arumbae Festival menghadirkan pengalaman menarik bagi peserta yang hadir untuk lebih mengenal Indonesia Timur melalui Tenants hingga Pameran Fotografi. Acara ini sendiri ditutup dengan penampilan dari Abraham Kevin.

Arumbae Festival tidak dapat berjalan dengan baik tanpa bantuan dan dulungan dari banyak pihak antara lain, venue dari Twalen Warong; sponsor dari Yth. Bapak Wakil Gubernur Maluku, Ichitan; partners yaitu Baronda.ID, Hano Wene, GrowAMP; media partner dari NTT Muda, Lulussidang, Mimpi Besar Jakarta, dan Koreri.com dan banyak pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

 

Debora Mulya