as
as

Ondofolo Homfolo : KMAN VI Bangkitkan Nilai-nilai Adat dan Budaya

IMG 20221029 WA0003

Koreri.com, Sentani – Kampung Homfolo. Distrik Ebungfauw, Kabupeten Jayapura juga menjadi salah satu lokasi giat Sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN VI), di Tanah Tabi, Papua, 24 – 30 Oktober 2022.

Ondofolo Kampung Homfolo, Anderson Tokoro dalam pernyataannya mengaku jika pihaknya sangat antusias dan senang sekali dengan adanya Kongres KMAN VI di Tanah Tabi sebagai tuan rumah penyelenggara hajatan tersebut.

as

“Karena dengan adanya KMAN VI ini berarti membangkitkan nilai-nilai adat serta budaya yang dikikis habis oleh zaman ataupun institusi-institusi baru yang dibentuk oleh Pemerintah,” cetusnya, Rabu (26/10/2022).

Lanjut Andersson Tokoro, bahwa Aliansi Masyarakat Adat Nusantara terlahir dengan tegas dan bertanggung jawab mulai dari akar sampai kepada pimpinan-pimpinannya karena setiap orang Indonesia terlahir dari adat dan budayanya.

Tegasnya, Pemerintah tidak boleh ikut campur atau mengatur adat karena adat terlahir dengan manusianya.

Manusia terlahir bukan dari Pemerintah melainkan manusia terlahir dari adat, karena adat mempunyai jati diri yang jelas.

Sedangkan Pemerintah dibentuk oleh masyarakat adat itu sendiri, aliansi masyarakat adat ini adalah ibu kandung dari negara ini yang pernah dihilangkan, tetapi hari ini mereka bangkitkan adat itu.

“Siapapun dia, baik itu Presiden sampai kabinetpun mereka mempunyai adat. Anak-anak yang terlahir dari adat, hari ini berbicara tentang kenegaraan, Negara baru dibentuk sedangkan adat ini terlahir dengan bumi ini,” ucap Anderson.

Harapannya, Pemerintah bisa memilah-milah, mana yang Kongres Pemerintah dan mana yang Kongres Adat.

“Jika ini Kongres Adat, berikan kepercayaan penuh kepada adat, biarkan adat yang mengatur, agar ke depannya kita harus lebih menata lagi Kabupaten Jayapura ini khususnya dan umumnya Provinsi Papua. Kita harus menghormati adat setinggi-tingginya, setelah Tuhan sang pencipta di nomor satu maka adat harus berada di posisi kedua,” pungkasnya.

RED

as