as




as

Momentum ke-51, Sangkek : Korpri Garda Terdepan Pembangunan Papua Barat

Pj Sekda Papua Barat Dance Sangkek,S.H.,M.M (Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari – Peringatan hari ulang tahun  Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (HUT Korpri) ke-51 di Papua Barat berlangsung dengan penuh hikmah.

Momentum peringatan HUT Korpri dilaksanakan dalam upacara bendera di lapangan apel Kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (29/11/2022).

Penjabat Sekda Papua Barat Dance Sangkek, S.H., M.M yang bertindak sebagai Inspektur upacara mengatakan, korps pegawai negeri merupakan garda terdepan pembangunan di Provinsi Papua Barat.

Dalam amanatnya Penjabat Sekda Dance Sangkek memberikan pesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemprov Papua Barat, meminta agar Korpri tetap solid sebagai organisasi di dalam kedinasan sehingga aspirasi ASN dapat ditampung, diformulasikan dan disalurkan secara proporsional dan profesional.

Katanya, Korpri harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Hendaknya ASN bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesionalitas, mampu melahirkan inovasi-inovasi baru bagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sehingga masyarakat merasa terlindungi, terayomi, dan merasa hidup dalam kebersamaan. saya menyampaikan beberapa pesan dan harapan saya ini kepada ASN, ” tuturnya.

Ada lima pesan dan harapan kepada ASN diantaranya pertama perkuat soliditas komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan pegang teguh core values aparatur sipil negara.

Selain itu ASN harus berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Kedua, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah mindset, cara pikir, dan cara bekerja, dan terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Ketiga, ciptakan birokrasi yang transparan dan akuntabel dan bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Keempat, antisipasi dini terhadap berita hoax, fitnah, politik identitas, polarisasi, dan potensi konflik menjelang pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kelima, perkuat peran saudara-saudara sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, penjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta menjalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa.

“Saya mengapresiasi dharma bakti, pengabdian, dan kerja keras seluruh anggota Korpri dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan, terutama dalam 2 (dua) tahun terakhir ini. Dimana, negara kita yang sedang berjuang dalam menghadapi pandemi covid-19 yang berdampak pada perekonomian nasional,”ujarnya sampaikan arahan ketua Korpri pusat.

Menurut dia, bertolak dari pengalaman dan kebiasaan kerja pada masa pandemi covid-19, tidak terasa telah berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang ternyata lebih efektif dan lebih efisien.

Sehingga Korpri dapat menjadikan model kerja masa pandemi covid-19 tersebut sebagai kebiasaan model kerja baru.

KENN