as
as

Basarnas Manokwari Gelar Siaga SAR Khusus NATARU

IMG 20221220 WA0000

Koreri.com,Manokwari– Basarnas Manokwari gelar apel siaga SAR khusus dalam rangka pengamanan perayaan Natal 25 Desember 2022 dan menyambut tahun baru 2023.

Siaga SAR Khusus Basarnas Manokwari  dengan meningkatkan dan siagakan personil serta alut di beberapa titik di kota Manokwari dan sekitarnya.

as

Kepala Basarnas Manokwari I Wayan Suyatna S.H.,M.M mengatakan, pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan serempak seluruh Indonesia mulai dari tanggal 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

I Wayan Suyatna memimpin apel pembukaan Siaga SAR Khusus yang diikuti seluruh pegawai di lapangan upacara Basarnas Manokwari Sowi Gunung, Selasa (20/12/2022).

Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi yang dibacakan Kakansar Manokwari I Wayan Suyatna menegaskan kepada semua petugas Siaga SAR Khusus Nataru untuk waspada terhadap potensi ancaman diantaranya bencana hidrometeorologi, bencana geologi, kecelakaan transportasi dan kedaruratan di tempat-tempat wisata.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik, pelaksanaan Siaga SAR Khusus agar tetap pada prinsip-prinsip Quick Response of SAR dalam merespon setiap bentuk kedaruratan secara professional, sinergi dan militan.

Pelihara dan tingkatkan kesiapan personil, alut dan peralatan agar kecepatan waktu tanggap _(response time)_ dan waktu tempuh _(deployment time)_ dapat tercapai dengan maksimal sehingga semakin banyak korban yang bisa diselamatkan apabila dibutuhkan pada saat terjadinya operasi SAR.

Kemudian dari pada itu survei Kementerian Perhubungan pada libur Nataru kali ini diperkirakan akan ada pergerakan/ mobilitas masyarakat sebesar 16,35% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 44,17 juta orang, baik  menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara.

Tujuan saat libur Natal dan Tahun Baru dapat dipastikan angka kedatangan wisatawan akan membludak. Puncak arus mudik Natal diperkirakan pada tanggal 23 – 24 Desember 2022 dan puncak arus balik tanggal 25 – 26 Desember 2022. Sedangkan puncak arus mudik Tahun Baru diperkirakan pada tanggal 30 – 31 Desember 2022 dan puncak arus balik pada tanggal 1-2 Januari 2023.

“Untuk wilayah kerja Basarnas Manokwari khususnya tempat wisata dan terminal angkutan darat maupun udara ,Basarnas Manokwari siagakan beberapa anggota di beberapa titik yaitu, pantai wisata pasir putih, pantai bakaro , pelabuhan umum Manokwari, bandara Rendani dll,” jelas Wayan dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Selasa siang.

Dikatakannya bahwa akhir agar meningkatkan koordinasi dan sinergitas siaga dengan seluruh potensi SAR yang ada di wilayah masing-masing baik dari unsur kementerian/ lembaga, TNI/ Polri, Pemerintah Daerah, Relawan dan media demi terwujudnya pelayanan Siaga SAR yang optimal dan terpadu.

Seluruh petugas Siaga SAR Khusus Nataru agar tetap semangat, jaga Kesehatan, utamakan keselamatan, dan laksanakan tugas dengan gembira dan penuh kebanggaan karena tugas kit aini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan.

RLS

as