as
as

Sekda Maluku Hadiri Peringatan Penaikan Merah Putih Pertama di Negeri Hitumessing

Sekda Mal Sadali Ie Upacara Bendera Pertama di Neg Hitumessing

Koreri.com, Hitu – Bertempat di pelataran rumah raja Negeri Hitumessing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (27/12/2022) berlangsung Upacara Peringatan Peristiwa Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Maluku 27 Desember 1949.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie.

Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan amanah Gubernur  Maluku Murad Ismail.

Dalam amanahnya, Gubernur mengatakan, momen peringatan 73 Tahun Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di hari ini, menunjukkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kembali dihidupkan dalam dada setiap anak bangsa.

Dimana pada saat itu, di tengah tengah pergolakkan dan tekanan penjajah, baik oleh pihak Jepang maupun Belanda yang ingin tetap menguasai daerah ini, para pemuda Leihitu bergabung dalam semangat persatuan dan kesatuan untuk menyatakan eksistensi bangsa ini, melalui tindakan menaikan bendera Merah Putih.

“Saya percaya kita semua yang hadir saat ini, sangat menghargai dan menaruh rasa hormat yang tinggi kepada para pejuang yang menunjukkan keberaniannya,” ungkapnya.

Belajar dari semangat yang diwariskan para pendahulu, Gubernur berharap agar masyarakat di daerah ini, khususnya di Jazirah Leihitu untuk terus menjaga soliditas dan solidaritas antar orang basudara serta memegang teguh nilai-nilai juang yang terkandung dalam peristiwa Penaikan Bendera 73 tahun yang lalu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya percaya, masyarakat di kecamatan Leihitu mewarisi nilai nilai semangat perjuangan para pendahulu, dengan kembali menunjukkan komitmen dan dukungannya untuk menyukseskan program program kerja Pemerintah Provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah. Termasuk agenda strategis  di tahun 2023 yaitu, tahapan pelaksanaan pemilu legislatif, presiden dan kepala daerah yang akan digelar tahun 2024,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemerintah daerah, Gubernur mengucapkan terima kasih dan  apresiasi kepada Raja Negeri Hitumessing dan seluruh pihak terkait, yang telah menyiapkan dan mensukseskan upacara ini sehingga berlangsung dengan aman dan tertib.

Turut hadir dalam upacara, Raja Negeri Hitumessing H. Ali Slamat,  Forkopimda Maluku Tengah,  Ketua  DPP Hena Hetu Jais Ely, pimpinan dan Anggota Legiun Veteran RI, Raja se-Jasirah Leihitu, para Saniri Negeri,  tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda.

BKL

as