as
as
Fokus  

Panglima TNI dan Kapolri Beri Arahan ke Personil di Jayapura, Tekankan TNI – Polri Garda Terdepan

IMG 20230110 WA0004

Koreri.com, Jayapura – Bertempat di aula Tony Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (9/1/2023) telah berlangsung kegiatan arahan yang diberikan langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Kapolri Jendral Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si kepada Prajurit TNI-Polri di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.M beserta rombongan.

as

Tidak hanya itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI M. Saleh Mustafa serta Kabinda Papua Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Kapolri pada kesempatannya mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan langkah-langkah dan upaya untuk wujudkan pertumbuhan ekonomi dengan program transformasi ekonomi. Ini merupakan bagian utama upaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur.

Ia juga menambahkan, program-program yang telah dilakukan tersebut masih diketahui bahwa ada beberapa pihak yang menerima dengan pemikiran yang berbeda sehingga melakukan upaya-upaya untuk menghambat dengan memberikan gangguan keamanan yang menghambat proses pembangunan.

“Oleh karena itu, pemerintah harus ambil langkah dan kita TNI-Polri adalah garda terdepan dengan pola pendekatan kesejahteraan soft approach dan hard approach terhadap kelompok yang belum paham tersebut. Mari kita bantu kasih edukasi untuk bisa mendukung dan mendorong organisasi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat Papua,” jelasnya.

Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan menyambut perayaan pemilu sehingga diharapkan personel dapat menjaga stabilitas kamtibmas keamanan di Papua dengan memegang kunci menjaga dan memperkokoh sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

Pada kesempatan yang sama, Laksamana TNI Yudo Margono selaku Panglima TNI menyampaikan bahwa dirinya bangga bisa hadir ditengah Prajurit TNI-Polri di Papua.

Ada beberapa tugas kedepan yang harus difokuskan kedepan seperti penerapan DOB dan agenda pemilu juga pilkada serentak 2024 sehingga menuntut personel TNI-Polri beradaptasi dengan adanya perubahan.

“Saya mengharapkan para prajurit dapat meningkatkan keimanan dan ketaatan terhadap Tuhan YME, dapat menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri, dapat mempertahankan naluri tempur dan selalu waspada serta jangan menyakiti hati masyarakat sehingga tetap terasa kepedulian kita dengan memberikan aksi nyata seperti pelayanan, pendidikan, pangan, kesehatan sebagai sarana pendekatan diri,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, Kapolri beserta Panglima TNI memberikan penghargaan kepada 2 prajurit TNI dan 1 anggota Polri serta penyerahan bantuan Pompa Hydrant, Pipa Air HDPE dan Lampu Solar Cell oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI M. Saleh Mustafa dalam rangka membantu kesulitan air bersih bagi masyarakat di Papua.

EHO

as