as
as

Hadiri Rakor Bersama Mendagri, Gubernur Maluku Paparkan Strategi Pengendalian Inflasi Daerah

Gubmal MI Rakor Peng Inflasi daerah 2023
Gubernur Maluku Murad Ismail

Koreri.com, Ambon – Gubernur Maluku Murad Ismail memaparkan Strategi Pengendalian Inflasi di Provinsi dalam menjaga pasokan, Distribusi, stok dan Harga Bahan Pokok sesuai arahan Presiden RI untuk seluruh Kepala Daerah di tahun 2023 disela-sela Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpinan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. berlangsung secara Online (Zoom), Senin (13/2/2023).

Hadir mendampingi, Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M. Si., IPU, Ketua Umum TGPP Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Maluku Ir. M. Yahya dan Kepala Biro Ekonomi dan Investasi Provinsi Maluku Onesimus Soumeru.

as

Dalam paparannya, Gubernur menekankan dalam upaya pengendalian Inflasi perlu melaksanakan strategi 4 K yakni menjaga dan memastikan ketersedian pasokan bahan kebutuhan pokok, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi.

Selain itu, perlu adanya sinergitas antar OPD terkait seperti Dinas Perikanan dengan stok Ikan, Dinas Perhubungan dan PU guna memastikan kelancaran distribusi.

Kemudian, Dinas Perindag dan Ketahanan Pangan serta Bulog untuk memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok menimal sampai 6 bulan, Dinas Energi dan Sumbe daya Mineral memastikan ketersediaan stok BBM.

“Setiap OPD menciptakan satu inovasi yang diharapkan dapat menekan pertumbuhan inflasi  yang berdampak pada capaian Inflasi yang terkendali. Dan perlu juga memaksimalkan Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang sudah dilakukan atau Kerjasama dengan BUMN, BUMD yang ada dalam rangka Strategi 4 K terutama untuk memenuhi Kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Gubernur menambahkan pula, pihaknya terus proaktif dalam melakukan pemantauan harga dan stok di pasar- pasar tradisional, ritel modern dan gudang distribusi.

“Tujuannya untuk memastikan stok pangan up to date,” pungkasnya.

Untuk tahun 2022 inflasi di Maluku mengalami penurunan mencapai 0,17 persen  terdapat pada 2 Kota di Provinsi Maluku yakni Kota Tual dan Kota Ambon.

Untuk Kota Ambon komoditas yang menyebabkan Inflasi yakni pada rokok Putih, Beras, Tomat, Tempe dan Mie, sedangkan pada Kota Tual yakni  Beras, Ikan Tongkol, Kontrak Rumah, Ikan Layang dan Ikan kembung per Januari 2023.

Data stok barang kebutuhan Per Minggu ke-1 di Bulan Februari 2023 masih relatif aman untuk masyarakat.

BKL

as