as
as

Danrem PWY : Pencarian Pilot Susi Air Masih Terus Dilakukan, Wilayah Diperluas

Danrem 172 PWY Jo Sem
Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring saat menyampaikan keterangan pers / Foto : Pendam Cenderawasih

Koreri.com, Jayapura – Tim Gabungan TNI-Polri hingga saat ini terus melakukan pencarian terhadap keberadaan Pilot Susi Air Capt Philip Mark Marhtens di wilayah Nduga dan sekitarnya.

Bahkan kini telah dikembangkan ke wilayah lainnya.

as

Terkait perkembangan proses pencarian Pilot Susi Air tersebut, Danrem Brigjen TNI J.O. Sembiring selaku Dankolaksops TNI saat jumpa Pers di Makorem 172/PWY, Jumat (10/3/2023) mengatakan tugas pokok Tim Gabungan TNI-Polri melakukan pencarian pilot masih berlangsung dan berkolaborasi dengan semua pihak.

“Sampai saat ini diperoleh indikasi KST Egianus Kogoya berupaya memecah konsentrasi aparat keamanan dan posisinya berpindah-pindah. Kita juga sudah bisa memecah kekuatan KST untuk tidak bersatu,” jelasnya.

Pihaknya juga melakukan komunikasi sosial dan pembinaan teritorial serta penyelidikan dari kepolisian pada beberapa wilayah yang pernah menjadi persinggahan KST Egianus Kogoya.

Danrem kembali menegaskan hasil investigasi di Yahukimo bahwa kelompok-kelompok KST di Yahukimo ada yang merupakan pecahan dari KST Egianus Kogoya.

“KST ini sengaja melakukan aksi agar konsentrasi aparat keamanan terbagi-bagi tidak hanya fokus mencari KST Egianus Kogoya dan sengaja memutar balikkan fakta. Oleh karenanya Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih telah menekankan kepada satuan jajaran agar melakukan deteksi dini, cegah dini, dan aksi dini terkait upaya KST dalam provokasi dan memutar balikkan fakta,” sambungnya.

“Saya tegaskan tugas TNI dan Polri sama saja yaitu menciptakan rasa aman di masyarakat, dan kegiatan yang dilakukan aparat keamanan adalah sesuai dengan tugas pokok TNI,” tegas Brigjen TNI J.O. Sembiring.

Lebih lanjut terkait jelang hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Pegunungan Bintang terdapat banyak kegiatan, maka TNI bekerjsama dengan Polri tidak tinggal diam untuk turut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Buat semeriah mungkin perayaan HUT Kabupaten Pegunungan Bintang,” desaknya.

PDC-17

as