as
as

Di Pertemuan Business Matching Pelaku Usaha Perkebunan, Gubernur Harapkan Ini

Gubmal Pertemuan Matcing Bussines

Koreri.com, Ambon – Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, membuka secara resmi pertemuan Business Matching Pelaku Usaha Perkebunan Provinsi Maluku bertempat di Hotel Santika Ambon, Senin (5/6/2023).

Di momen yang sama turut pula dilakukan Launching Website Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

Turut hadir, Pejabat dari Kementerian Pertanian beserta rombongan, Ketua TGPP Maluku, pimpinan instansi vertikal dan pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, para narasumber, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Perwakilan Petani dan Pelaku Usaha beserta unsur lainnya.

Gubernur Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda menjelaskan, sektor perkebunan merupakan salah satu unggulan Provinsi Maluku, khususnya tanaman rempah pala dan cengkeh di samping sektor perikanan dan pariwisata.

Peran tersebut antara lain sebagai penyumbang dalam upaya mengoptimalkan sektor pertanian secara umum dan sub sektor perkebunan secara khusus.

“Saya menyambut baik pertemuan ini yang difasilitasi oleh Direktorat Perkebunan Kementerian Pertanian guna mensinergikan peran pelaku usaha dengan petani serta para stakeholder dalam mengoptimalkan pengelolaan potensi perkebunan di Maluku,” sambungnya.

Disampaikan Gubernur, Provinsi Maluku memiliki potensi perkebunan pala dan cengkeh yang telah terkenal sejak zaman dulu, namun saat ini pengembangannya masih dihadapkan permasalahan rantai pasok, produktivitas, kualitas produk dan pemasaran, sementara itu dalam regulasi perdagangan global mensyaratkan kualitas produk berstandar internasional.

“Oleh karena itu, saya harapkan agar Standar Operasional Prosedur (SOP) Pasca Panen dan Pengolahan hasil yang dikeluarkan Kementerian Pertanian hendaknya dilaksanakan seluruh pihak baik petani, pedagang, pengumpul, maupun para eksportir,” ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan pengembangan rempah pala dan cengkeh di Maluku hendaknya terus ditingkatkan baik dari aspek budidaya, pasca panen dan pengolahan serta pemasaran.

“Karena itu melalui forum ini, saya berharap kepada Kementerian Pertanian agar terus dukungannya, guna mengembalikan kejayaan rempah pala dan cengkeh di Maluku. Hal yang sama juga saya harapkan dari pelaku usaha, instansi vertikal, perbankan dan pemerintah kabupaten/kota,” harapnya.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang terus berinovasi dalam pengembangan sektor pertanian, dimana hari ini juga diluncurkan Website Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

“Saya yakin, dengan kehadiran website ini, akan memberikan kemudahan bagi berbagai pihak dalam mengakses data dan informasi yang cepat serta meningkatkan pelayanan bagi petani dan pelaku usaha pertanian di Maluku,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan tifa oleh Sekda sebagai tanda dibukanya Pertemuan business Matching dan launching yang dilakukan secara digital dengan penekanan layer monitor.

BKL

as

as