as
as

Pemkab Mimika Siap Sukseskan Pesta Demokrasi 2024

Plt Bupati Mimika JR Pemilu 2024
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob / Foto : EHO

Koreri.com, Jayapura – Pemerintah Kabupaten Mimika siap melaksanakan dan menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob, mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana hibah untuk penyelenggara baik KPU, Bawaslu maupun pihak keamaan.

as

“Kita siap melaksanakan Pemilu 2024 dan sudah siapkan dana hibah untuk kepentingan KPU, Bawaslu dan keamanan,” ungkapnya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (6/6/2023).

Terkait besarannya dana hibah, kata Rettob, itu tergantung permohonan dari KPU, Bawaslu dan juga keamanan yang diajukan namun saat ini sedang dilakukan evaluasi.

“Untuk KPU kita sudah berbicara karena memang ada bagian yang ditanggung oleh APBN provinsi dan bagian APBD,” ujarnya.

Dari hasil itu nanti dilihat dan juga sudah dibahas dengan tim KPU di Jakarta kira-kira berapa bagian dan tugas-tugas yang harus ditanggung oleh APBD.

“Persoalannya adalah daerah kita berbeda-beda khusus di Mimika terkait logistik tidak hanya ada di kota tetapi harus ada angkutan yang mendistribusikan logistik itu dan harus melalui udara, darat dan laut ini harus dipertimbangkan,” akuinya.

Menurutnya, melihat yang diajukan oleh KPU Pusat ternyata dia tidak melihat seperti yang terjadi di daerah.

“Nah ini yang menjadi catatan kita untuk menyampaikan kepada KPU Pusat. Karena untuk Pileg dan Pemilihan Presiden full APBN. Sementara untuk Pilkada itu kabupaten. Dimana ada bagian yang harus kita handle di tingkat kabupaten untuk Pilpres dan Pileg,” tandasnya.

Rettob menambahkan, pihaknya lagi hitung-hitungan saat ini terkait berapa besar yang disetujui.

“Kalau ditanya soal besaran hibah, saya belum menjawab secara final karena masih dalam tahap evaluasi tetapi yang jelas kami dari Pemerintah Kabupaten siap mendukung Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024. Jadi, anggaran itu sudah diatur sesuai dengan surat Mendagri bahwa 40 persen ditanggung pada 2023 dan 60 persen dianggarkan pada 2024,” pungkasnya.

EHO

as