as
as

Resmikan PLTMH Anggi, PW Sebut Indonesia Terang, Papua Barat Terang, Pegunungan Arfak Terang

IMG 20230608 WA0017
Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si meresmikan PLTMH Anggi di Kabupaten Pegunungan Arfak, Rabu (7/6/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Pegaf– Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Pegunungan Arfak, Rabu (7/6/2023), Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si meresmikan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dengan kekuatan 150 Kw di desa Upperc dihadiri Bupati  Ketua TP PKK Papua Barat  Ny. Roma Megawanty. P, S. Kom. M. Si, Bupati Pegunungan Arfak  Yosias Saroy, Wakil Bupati Marinus Mandacan, Direktur PLN Papua Barat Budiono para tokoh adat dan pemilik hak ulayat.

“Peresmian pembangkit listrik yang menggunakan air sumber daya alam yang kita miliki, merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di Pegunungan Arfak,”ujarnya.

Dikatakan, peresmian ini menunjukkan bahwa negara atau pemerintah hadir di Pegunungan Arfak dengan pembangunan  untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan pembangkit listrik yang dibangun dengan anggaran apbn melalui kementerian SDM adalah bagian penting dari kebijakan bapak presiden dalam mewujudkan program Indonesia Terang  Papua Barat Terang serta Pegunungan Arfak terang,”ujarnya.

Oleh karena, kata Gubernur Waterpauw,  atas nama pemerintah, saya meminta perhatian pemerintah Kabupaten. Pegunungan Arfak dan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara asset ini bersama PT. PLN yang akan mengoperasikannya agar pemanfaatannya lebih lama dan membawa kesejahteraan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik.

“Pembangunan infrastruktur kelistrikan juga dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Papua Barat serta kebijakan untuk memperkuat ketahanan energi daerah,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, kata Gubernur Waterpauw, atas nama pemerintah dan masyarakat di Provinsi Papua Barat dan secara khusus di Pegunungan Arfak kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

“Yang telah berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas SDM serta Pemda Pegaf sehingga pembangunan  dapat berjalan dengan baik dan dapat diresmikan pengoperasiannya,”ujarnya.

RLS

as

as