as
as

Pemprov Papua Gelar Taptu dan Pawai Obor Jelang HUT RI Ke-78

WhatsApp Image 2023 08 16 at 21.26.03
Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 di Gedung Negara Provinsi Papua, Kota Jayapura, Rabu (16/8/2023) / Foto: istimewa

Koreri.com, Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua menggelar upacara Taptu (penetapan waktu) dan Pawai Obor digelar berlangsung dengan khidmat  dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023 yang dipusatkan di Halaman Gedung Negara Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/8/2023) malam.

Pelepasan Pawai Obor oleh Kapolda Papua Irjen Mathius Fachiri disaksikan Forkompinda Papua yang ditandai dengan pemasangan api obor secara simbolis oleh Kapolda Papua kepada perwakilan peserta. Setelah obor peserta seluruhnya menyala.

as

Pelepasan pawai obor oleh Kapolda Papua menuju Kantor Gubernur Dok II Jayapura, yang diterima langsung oleh Plh Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun.

“Ini kegiatan Taptu dan Pawai Obor yang diikuti perwakilan unsur TNI/Polri, ASN dan pelajar. Usai taptu dilakukan Pawai bor dari Gedung Negara, dilepas oleh Kapolda Papua menuju ke Kantor Gubernur Dok II, Jayapura,” kata Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesra, Suzana Wanggai selaku Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI Provinsi Papua 2023, disela-sela acara tersebut.

“Setelah itu, dilanjutkan dengan pungukuhan Paskibra dan perenungan suci di TMP Waena. Besok (Kamis,red) puncaknya diadakan Upacara Pengibaran Bendera di Stadion Mandala Jayapura, pada pukul 10.00 WIT,” sambung Suzana Wanggai.

Suzana juga pada kesempatan tersebut secara resmi mengundang masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi di Stadion Mandala Jayapura.

“Mari kita meriahkan dengan kehadiran kita dan melihat bagaimana upacara kemerdekaan kita, yang nantinya dihiasi serangkaian atraksi paramotor, marching band dari SMU 4, serta aubade dari 1.200 siswa SMP 1.”

“Juga nanti akan ada pemutaran film upacara pengibaran bendera bawah laut oleh pihak TNI,” pungkasnya.

TIM

as