as
as

Penjabat Buka Amboina Road Race Championship 2023, Ingatkan Soal Ini

Pj Walkot Ambon Road Race Cmp 2023

Koreri.com, Ambon – Ajang Amboina Road Race Championship Wali Kota Cup 2023, yang berlangsung di sirkuit Karang Panjang Ambon, Maluku, Jumat (24/11/2023) resmi digelar.

Penjabat Wali Kota setempat Bodewin Wattimena membuka secara resmi lomba tersebut.

Turut hadir, Anggota DPRD Maluku Richard Rahakbauw, Kapolsek Sirimau, Ketua Majelis Jemaat Imanuel OSM, para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon,  dan para tamu undangan lainya.

Penjabat atas nama Pemkot Ambon menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada panitia yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk dari fasilitasi kepada generasi muda di daerah ini..

Diakuinya, ada berbagai pihak yang telah menyampaikan untuk bagaimana membangun sirkuit yang permanen guna memberikan kesempatan dan peluang kepada generasi muda Kota Ambon untuk mengembangkan minat, bakat dan talentanya dalam balap motor ini.

“Jadi kalau tidak difasilitasi maka yang terjadi adalah balapan liar dan itu terjadi setiap hari di dalam jalan-jalan di Kota Ambon ini,” akuinya.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di provinsi Maluku selalu diminta untuk terus memberikan kesempatan dan peluang seluas-luasnya kepada generasi muda untuk berkreasi membangun kreativitasnya. Bahkan untuk memberikan kesempatan bagi mereka dalam meningkatkan kualitas kehidupannya.

Penjabat juga bahwa di ajang ini pada waktunya nanti akan muncul pemenang atau juara pada setiap mata lomba.

“Tetapi saya mau pesan bahwa ajang kompetisi ini tidak semata-mata untuk kita membangun persaingan tetapi yang terpenting dari kita memperagakan, mempererat tali persaudaraan hidup antar orang bersaudara, antar kelompok supaya di kota ini dalam membangun persaingan kompetisi di antara kita tetap menjunjung tinggi sportivitas. Itu yang paling penting,” tekannya.

Penjabat menyinggung banyak sekali orang yang sudah berupaya untuk membuat kegiatan-kegiatan dalam berbagai bentuk lomba atau pertandingan tapi kadang-kadang tidak dihargai dan dicederai.

“Hanya karena kita kurang sportif dan ada juga yang kurang bisa menerima kenyataan. Intinya bahwa kita mungkin belum berhasil kali ini dan mungkin kali ini punya milik orang lain. Kita harus terus berusaha supaya mungkin tahun depan kita punya giliran sebagai juara. Jadi saling menghormati,” singgungnya.

Yang terpenting pula tegas Penjabat, dalam kegiatan ini tetap harus ada dalam semangat persatuan dan kesatuan tidak terpecah belah, tidak saling bermusuhan hanya karena gagal dalam sebuah kompetisi.

“Saya juga mau berpesan kepada panitia agar lakukan pengawasan dengan baik karena banyak sekali penonton yang nanti masuk ke arena balap ini dan kalau kita tidak hati-hati bisa terjadi kecelakaan. Dinas Perhubungan Kota Ambon agar terus kawal guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di area balapan,” pesannya.

Amboina Road Race 2023 terbagi dalam 12 kelas lomba dengan jumlah peserta sebanyak 78 peserta yang berasal dari klub-klub yang merupakan anggota Ikatan Motor Indonesia Provinsi Maluku.

Ajang ini berlangsung dari 24 sampai dengan 26 November 2023.

JFL

as