as
as

KONI Optimis Atlet Papua Tampil di PON XXI Aceh-Sumut

IMG 20231204 WA0019

Koreri.com, Jayapura – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua optimis 344 atlet dapat mengikuti PON XXI Aceh – Sumut 2024, perwakilan dari 38 cabang olahraga 45 disiplin dan 156 nomor pertandingan.

Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan 344 atlet ini rencananya tahun depan jika memungkinkan, akan dilakukan tahap persiapan TC hingga pelaksanaan PON XXI Aceh – Sumut pada September 2024.

Dikatakan, Papua baru saja melaksanakan PON XX dan akan hadir sebagai peserta pada PON XXI tahun 2024. Dalam persiapan ini, atlet Papua masih eksis dalam perolehan medali pra PON.

“Atlet-atlet kita masih sangat eksis. Mereka masih mempertahankan prestasi, dengan memperoleh perolehan mendali yang sangat signifikan yang hari ini kita hitung kurang lebih 54 perolehan mendali emas,” sambungnya.

Artinya, lanjut Kenius, Papua masih dalam urutan 5 atau 10 besar.

Dia pun berharap dengan semangat yang dimiliki para atlet kebanggaan Papua bisa mengharumkan nama daerah, bahkan mengangkat harkat dan martabat orang Papua.

“Kita berharap Pemerintah daerah akan memberikan dukungan secara maksimal untuk kemudian tetap mempertahankan peringkat itu. Artinya, jangan sampai Papua dianggap hanya menang di kandang atau di rumah sendiri,” harapnya.

Kenius menjelaskan dengan perolehan hasil kualifikasi PON, Papua masih berada pada tren yang sangat positif dan mudah-mudahan Papua masih mempertahankan peringkat itu.

“Karena berbicara olahraga itu adalah bicara merah putih intinya olahraga mempersatukan kesatuan anak bangsa. Tidak ada event yang kemudian generasi muda itu berkumpul dan bersatu serta berprestasi di sana hanya melalui PON,” jelasnya.

Kenius, percaya pemerintah daerah pasti akan memberikan dukungan maksimal. Meskipun terdengar kemungkinan ada keterbatasan anggaran dan lain sebagainya tetapi saya percaya olahraga ini mempersatukan kita semua dari Aceh sampai Papua.

“Oleh karena itu saya percaya pemerintah siapkan anggaran untuk kontingen Papua untuk hadir dan bisa mengikuti pelaksanaan PON Aceh – Sumut,” pungkasnya.

SAV

as