as
as

Forum OPD Lingkungan Hidup Maluku Berlangsung di Aru, Gubernur Tekankan 3 Hal Penting

IMG 20240401 WA0042

Koreri.com, Ambon – Forum OPD Lingkungan Hidup Provinsi Maluku resmi berlangsung di Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (01/04/2024).

Forum yang berlangsung di Hotel Apex Dobo ini dibuka Gubernur Murad Ismail yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku, Drs Roy Corneles Siauta, M.Si.

as

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Kadis DLH Maluku menyambut baik pelaksanaan forum OPD Bidang Lingkungan Hidup ini sebagai ajang diskusi membagi pengetahuan dan pengalaman serta memecahkan berbagai permasalahan lingkungan di masing-masing kabupaten/kota dan provinsi.

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyamakan persepsi untuk memberikan kontribusi pemikiran yang faktual dalam rangka menjawab berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi.

Olehnya itu, melalui pelaksanaan forum OPD bidang lingkungan hidup dengan tema “Kolaborasi Penguatan Kualitas Lingkungan Hidup Yang Berketahanan Iklim Menuju Transformasi Ekonomi Hijau Berkelanjutan”, Gubernur Murad Ismail menyampaikan tiga (3) hal penting.

Pertama, dalam forum OPD ini mengharuskan kita semua untuk mampu melahirkan program/kegiatan pada tahun 2025 yang sesuai dengan persoalan lingkungan pada masing-masing daerah.

Kedua, dalam menentukan kebijakan lingkungan, tentunya kita tidak dapat menyeragamkan atau menyamakan kondisi lingkungan di semua kabupaten/kota, tetapi tentunya masing-masing memiliki karakteristik dan permasalahan yang berbeda.

Oleh karena itu, lanjut Murad, dibutuhkan pendekatan spesifik terhadap pola penanganan untuk masing-masing wilayah.

“Sejalan dengan itu, saya sangat mengharapkan kegiatan forum OPD ini, dapat menjawab permasalahan lingkungan hidup di Provinsi Maluku serta dapat dimanfaatkan oleh semua pihak dengan baik, untuk mengkoordinasikan, mensinkronisasikan, mensinergikan langkah dan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota,” ucapnya.

Disamping itu, keinginan masyarakat dalam rangka menyusun program/kegiatan tahun 2025, sehingga mampu menjawab permasalahan yang ada.

Ketiga, semakin kita menjaga lingkungan dari kerusakan dan pencemarannya, maka dengan sendirinya kita telah berbuat sesuatu yang sangat mulia bagi bumi ini dan anak cucu kita di kemudian hari.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga menyampaikan selamat datang dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku atas kepercayaannya kepada Pemkab Aru menjadi tempat pelaksana kegiatan Forum OPD Bidang Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2024.

“Kami memberikan apresiasi dengan harapan dapat memberikan dampak positif tersendiri bagi kami dalam informasi kepada berbagai kalangan masyarakat terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup dan strategi,” ujarnya .

Dikatakan, pengelolaan hutan rakyat serta membangun persepsi dalam kesadaran akan fungsi pengendalian lingkungan untuk peduli dengan kerusakan lingkungan.

“Dengan adanya kegiatan ini, sangat membantu kami dalam ketersediaan informasi kepada berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup dan strategi pengelolaan hutan rakyat serta membangun persepsi dalam kesadaran akan fungsi pengendalian lingkungan untuk peduli dengan kerusakan lingkungan,” katanya.

Dirinya juga berharap dengan kegiatan ini, dapat memberikan inspirasi dan pemahaman dalam upaya menyelamatkan lingkungan di Provinsi Maluku.

“Terutama Kabupaten Kepulauan Aru dari berbagai kerusakan lingkungan hidup akibat dampak aktivitas yang tidak tepat sasaran,” pungkas Gonga.

Untuk diketahui, kegiatan forum OPD bidang lingkungan hidup ini akan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 01-02 April.

Turut hadir pada acara pembukaan, Forkompinda Aru, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Aru dan pimpinan OPD dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kota se Maluku serta tamu undangan lainnya.

JFL

as