as
as
Tekno  

Google Yakini Sebuah Kunci Mampu Lindungi Anda dari Hacker

googlekey 1

Koreri.com (04/11) – Kata sandi atau password masih belum sempurna untuk membendung computer anda dari serangan hacker.

Bagi yang pernah mengalami pencurian data akibat ulah hacker, mereka terpaksa harus mereset password-nya setelah adanya kebocoran data tersebut.

Sama halnya dengan biometrik, dan semua jenis perangkat password terenkripsi lainnya, tetap saja sistem-sistem tersebut masih dapat ditembus oleh hacker.

Tanyalah pada ahlinya dan mereka akan menjawab bahwa password memang belum akan tergantikan saat ini.

Google juga meyakini hal tersebut.

Dengan ancaman yang konstan dari hacker ataupun scammers, bahkan serangan dari hacker yang didukung oleh suatu negara membuat Google memikirkan cara keamanan terbaik bagi penggunanaya.

Hacker hanya perlu menang sekali dan perusahaan teknologi harus mememanginya setiap saat.

Saat ini, Google berpikir bahwa mereka memiliki cara terbaik agar dapat menghentikan hacker.

Tanpa harus menggunakan password, mereka ingin memberikan sebuah batasan baru mengenai proteksi bagi pengguna yang rentan ditembus keamanannya.

Menggunakan sebuah kunci fisik, kunci yang bisa dibawa kemana-mana.

Dua jenis kunci yang mirip dengan kunci yang umum kita jumpai, berharga 20 dolar AS per satuannya atau sekitar Rp. 260 ribu adalah merupakan program proteksi tingkat tinggi yang sangat penting bagi Google yang saat ini sedang dikerjakan agar akun email penggunanya aman dari serangan hacker.

Kunci tersebut bekerja layaknya kunci yang sering kita gunakan.

Kapanpun anda ingin masuk ke akun anda, Google akan meminta anda untuk menggunakan kunci khusus tersebut sebagai perangkat otentifikasi dua-faktor.

Apakah dengan dicolokan seperti USB atau menekan tombol Bluetooth-nya, anda akan langsung diberi akses ke akun anda.

Mungkin anda berpikir, apa bedanya dengan otentifikasi dua-faktor yang ditawarkan Google saat ini?

Bagi setiap orang, otentifikasi dua-faktor sangat membantu dalam membendung serangan hacker.

Namun dalam beberapa kasus yang terjadi, pesan singkat melalui sms memiliki potensi untuk dicuri.

Demikian juga dengan aplikasi yang memiliki akses ke sistem ponsel anda yang secara teoritis dapat mengambil gambar layar ponsel anda pada saat otentifikasi dua faktor ditampilkan.

Jenis serangan tersebut biasanya dilakukan oleh hacker yang sangat handal dan biasanya bekerja bagi pemerintah asing yang menyasar orang-orang penting di suatu negara.

Menurut Google, kunci fisiknya didesain khusus untuk bekerja di halaman situs mereka, jadi walaupun anda memasukan alamat email dan password di website yang dirancang hacker sangat mirip dengan situsnya, mereka tetap tidak akan bisa membuka akun anda.

Bahkan seorang hacker tercanggih sekali pun akan dibuat tak berdaya.

Kunci Google tersebut hanya membutuhkan beberapa menit saja waktu untuk proses instalasi dan setelahnya, bisa lansung digunakan.

Kunci yang pertama bisa melakukan otentifikasi komputer atau ponsel anda secara nir kabel, dan kunci kedua dapat digunakan melalui colokan USB.

Itulah proses keseluruhannya, dan anda tinggal “log in (masukan kredensial)”, “plug in (colok)”, “push button (tekan tombol)” serta masuk kedalam akun anda.

Perlu diingat, anda harus selalu membawanya pada saat bepergian.

Apabila pengguna kehilangan kunci tersebut, tidak ada kunci cadangan yang diberikan.

Menurut Google, sang pengguna butuh verifikasi beberapa hari untuk mendapatkan kembali akses ke akunnya.

Walaupun tidak praktis namun menurut raksasa situs pencarian tersebut, inilah sistem proteksi terbaik yang mampu melindungi akun dan data pribadi anda dibandingkan dengan password ataupun perangkat keamanan lainnya.

Apakah anda menyukainya?

ARD
Sumber: msn.com

as