as
as

Mobil Pangkalan di Ambon Bakal Ganti Warna Plat Nomor

mobil pangkalan2 1

Koreri.com, Ambon (23/1) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon bakal menerapkan kebijakan pergantian warna plat nomor di mobil pangkalan yang menggunakan plat hitam menjadi plat berwarna kuning.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette menyatakan, pergantian warna plat itu segera diterapkan.

“Karena jika tidak, maka pengoperasian atau aktivitas mobil pangkalan ini akan berstatus ilegal atau tidak resmi, mengingat pengoperasiannya tidak beretribusi,” urainya, Senin (22/1).

Diakui Sapulette, terkait rencana tersebut pihaknya hingga saat ini sedang mencoba mencari regulasi atau format serta aturan yang bisa diterima para sopir pangkalan.

“Tentu kita buat regulasi dulu karena pada prinsipnya mereka adalah angkutan pribadi tetapi melayani angkutan umum walau tidak resmi, sehingga harus kita buat,” sambungnya.

Namun Sapulette memastikan, pemberlakuan ini bertujuan agar keberadaan mobil pangkalan disamaratakan dengan angkutan umum lainnya di Kota Ambon. Mengingat selama ini mobil pangkalan tidak memberikan retribusi kepada Pemkot Ambon.

“Iya bukan hanya retribusi mobil pangkalan saja, tetapi juga pengendara ojek di Kota Ambon yang tujuannya baik demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kita akan memberikan format kemudian mengeluarkan aturan yang cepat supaya mereka dapat membayar retribusi,” tandasnya.

Pihaknya juga akan menyiapkan tempat yang diperuntukkan bagi mobil pangkalan.

“Intinya kita memberikan ruang yang sama, tidak ada kata pilah-pilah, angkutan umum mempunyai terminal maka mobil pangkalan dan tukang ojek juga mempunyai tempat yang sama pula,” pungkasnya.

MP-RR

as