as
as

Personel Polri dan ASN Polda Papua Wajib Disuntik Vaksin Covid-19

WhatsApp Image 2021 03 18 at 13.38.41
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri serahkan Sertifikat Vaksinasi kepada Kabid Propam Polda Papua, Kombes Pol. Sanches Napitapulu di Aula Rupatama, Mapolda Papua, Kamis (18/3/2021). Foto: Humas Polda Papua

Koreri.com, Jayapura – Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, mengatakan seluruh personel Polri dan ASN Polda Papua wajib disuntik vaksin Covid-19 untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di lingkunga Markas Polda Papua sesuai arahan Kapolri.

“Saya selalu mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 dan mewajibkan kepada seluruh anggota Polri dan ASN Polri di wilayah hukum Polda Papua untuk menerima vaksin Covid-19 dan aktif mendukung kegiatan Vaksinasi ini,” kata Kapolda Mathius Fakhiri pembukaan vaksinasi Covid-19 di Aula Rupatama Polda Papua, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, keberadaan Covid-19 yang semakin merajalela dan sudah lebih dari satu tahun di indonesia ini telah melemahkan sendi – sendi kehidupan masyarakat, sebagai bangsa pejuang, kita tidak boleh cepat menyerah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada.

“Dengan sudah adanya Vaksin Covid-19 ini, saya sangat berharap masyarakat Papua dan pada khususnya anggota Polri dan ASN Polri di wilayah hukum Polda Papua dapat memahami dengan baik dan benar,” katanya

Dikatakan, sampai dengan bulan Maret 2021 data anggota Polri dan ASN di Polda Papua yang berstatus kontak erat sebanyak 836 anggota, suspect 135 anggota dan terkonfirmasi Covid-19 234 personel, dengan data meninggal karena covid-19 sebanyak 7 personel.

Dijelaskan, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat kita harus selalu berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi.

Berbagai inovasi dan peraturan dikeluarkan untuk mengontrol dan menekan penyebaran virus corona yang berasal dari wuhan, Cina ini beragam upaya atau strategi telah dilakukan pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, bersama TNI-Polri dan instansi terkait hingga tokoh adat dan tokoh agama untuk memulihkan kondisi Papua mulai dari deteksi, terapi, dan saat ini vaksinisasi.

“Saya ingin mengingatkan bahwa salah satu bentuk penanganan kesehatan yaitu dengan melakukan Vaksin Covid-19 dan Presiden Joko Widodo menargetkan hingga maret 2021 ini sebanyak 29,55 dosis Vaksin sudah terdistribusi di semua daerah,” jelas Kapolda.

Di Papua pada tanggal 4 Januari 2021 sebanyak 14.680 dosis Vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba dan langsung di simpan di ruang penyimpanan khusus di dinas kesehatan Provinsi Papua.

Persepsi yang positif serta tidak terpengaruh dengan sebaran berita di media sosial yang tidak bertanggung jawab, dan bapak presiden pun sudah memberi contoh dengan penerima Vaksin pertama pada tanggal 14 Januari 2021.

WhatsApp Image 2021 03 18 at 13.38.39
Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto (berdiri) saksikan Irwasda Polda Papua, Kombes Pol. Alfred Papare Disuntik Vaksin Covid-19 di Aula Rupatama Mapolda Papua, Kamis (18/3/2021). Foto: Humas Polda Papua

Sesuai dengan perintah Kapolri kepada sejumlah Kapolda baru yang resmi dilantik di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari kamis tanggal 4 Maret 2021, yaitu cepat melakukan 3T, yakni Testing, Tracing, dan Treatment dan 3M Memakai Masker, menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. kemudian, memastikan jajaran dapat melaksanakan 3T dan 3M dengan baik.

Berikan reward bagi anggota yang telah berhasil melakukan upaya dalam merubah zona merah menjadi zona hijau. Menjalin komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) dalam penanganan Covid-19 dan upaya itu dinilai mampu menurunkan kasus Covid-19 di tanah air.

Selalu mengawal program vaksinasi nasional yang sedang berlangsung. selain itu, membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

“Anggota yang tidak mau disuntik Vaksin maka tugas Kabid Propam Polda Papua untuk menangkap dan tetap melaksanakan suntik Vaksin,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol dr. Nariyana M.Kes, mengatakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 Personel Polda Papua berdasarkan Keputusan Presiden No 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Tujuan kegiatan ini dilaksanakn guna memberikan Vaksin Covid-19 pada PNPP di Polda Papua dan jajaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Kabid Dokkes Polda Papua.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi sudah dimulai sejak 19 Januari 2021 s.d selesai, di awali di RS. Bhayangkara Jayapura serta target jumlah personel 11.493 ditambah BKO Polda Papua.

Vaksinasi ini bisa terselenggara berkat kerjasama dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Seprovinsi Papua dan Kapolres/ta jajaran Polda Papua.

Adapun tempat-tempat pelaksanaan vaksinasi berada di Mapolda Papua, Biddokkes Polda Papua, RS. Bhayangkara Jayapura dan Urkes jajaran Polda Papua (Poliklinik Polres) sedangkan anggaran yang digunakan menggunakan DIPA Biddokkes Polda Papua.

Turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Jeremias Rontini S.IK, Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol dr. Nariyana dan Pejabat Utama Polda Papua, perwakilan masing-masing Satker.

VER

as