as
as

Bupati : Kejari Teluk Bintuni Berikan Peran Positif Penegakan Hukum

WhatsApp Image 2021 04 16 at 07.09.40
Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T didampingi Wabup Matret Kokop,S.H menyerahkan Cendramata Kepada Kajati Papua Barat Dr Welhelmus Lingitubun,S.H saat peresmian Kantor Kejari Teluk Bintuni, Kamis (15/4/202). (Foto : Istimewa)

Koreri.com, Bintuni– Bupati Ir Petrus Kasihiw,M.T menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni yang telah memberikan peran positif berupa dukungan terhadap penyelengggaraan pemerintahan lebih khusus dalam persoalan penegakan hukum.

“Dan kami berterima kasih atas sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan dan itu benar-benar meningkatkan pemahaman aparatur penyelenggara pemerintah dan aparatur premerintah daerah (Pemda) Teluk Bintuni beserta masyarakat tentang peran Kejaksaan selama ini.” Hal in disampaikan Bupati Ir Petrus Kasihiw saat peresmian kantor Kejari Teluk Bintuni yang berlokasi di Distrik Manimeri, Kamis (15/4/2021).

Bupati menegaskan bahwa tugas penegakan hukum yang dilaksanakan oleh Kejaksaan pada berbagai tingkatan sejatinya tidak dapat dipisahkan dari amanat Undang-Udang Kejaksaan yaitu bahwa Kejaksaan harus mampu terlibat sepenuhnya dalam proses pembangunan.

“Antara lain untuk menciptakan kondisi yang mendukung dan yang mengamankan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila serta kewajiban untuk turut menjaga dan menegakkan kewibawaan pemerintah dan negara serta melindungi kepentingan masyarakat,” pungkas Kasihiw.

Dijelas orang nomor satu di negeri Sisar Matiti itu bahwa sejak Kantor Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni mulai beroperasi dengan pentahapan Keppres sejak dipimpin Kajari yang pertama Marthen Tandi, SH, MH semuanya berjalan baik.

Dengan kebijakan pemerintah pusat telah menambah kelengkapan formasi forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopimda). Dimana tinggal 1 (satu) kelengkapan lagi yaitu menunggu Keppres tentang Pengadilan Negeri teluk Bintuni yang tanahnya sudah disiapkan.

“Seluruh kantor lembaga vertikal sudah kita siapkan di areal ini dimana nanti ada kantor Bea Cukai, Badan SAR bahkan ada perkantoran vertikal lainnya,” ungkap Kasihiw dalam sambutannya.

Usai memberikan sambutan Bupati Petrus Kasihiw menyerahkan sertifikat Tanah Gedung Kantor Kejaksanaan Negeri Teluk Bintuni kepada Kajari Teluk Bintuni Ismail Otto.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat Dr Wilhelmus Lingitubun yang hadir pada saat peresmian kantor Kejari Teluk Bintuni itu meminta Kajari setempat beserta jajarannya untuk tetap memperhatikan kearifan lokal serta dapat menjadi teladan yang baik kepada siapa saja.

“Agar stabilitas dan ketentraman kehidupan bermasyarakat di Bintuni yang selama ini relatif aman hendaklah kita jaga bersama kedamaiannya dan bekerjalah dengan baik sehingga out put atau kinerja yang dihasilkan benar-benar mencerminkan rasa keadilan bagi masyarakat bangsa dan negara,” pesan Kajati Dr. Wilhelmus Lingitubun.

Kajati juga mengingatkan bahwa setiap warga adhyaksa memiliki peran penting untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Kejaksaan, untuk itu dia mengajak anak buahnya bersama-sama tunjukkan kepada masyarakat torehan prestasi yang telah diraih sebagai bukti bahwa lembaga penegakan hukum ini telah berubah kearah yang lebih baik.

Menurut Lingitubun, pembangunan gedung kantor ini merupakan wujud dari niat baik kita sekaligus bentuk kontribusi untuk kelancaran tugas yang diemban oleh jajaran kejaksaan.

“Yang sudah barang tentu harus dibarengi supaya manfaat fasilitasnya yang diberikan oleh negara tersebut dengan dedikasi tinggi dan kinerja optimal untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya kepada para pencari keadilan, sehingga keberadaan gedung ini diharapkan menjadi bagian serta memiliki arti penting bagi kehidupan masyarakat di provinsi Papua Barat secara keseluruhan.” Tegas Kajati Lingitubun.

KENN

as