as
as

Rangkaian Baksos Serentak Polda Papua Jelang Hari Bhayangkara ke-75

WhatsApp Image 2021 06 25 at 17.18.27
Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, melepas tim bakso di lapangan apel Mapolda Papua, Jumat (25/6/2021) / Foto: Humas Polda Papua

Koreri.com, Jayapura – Polda Papua laksanakan pembukaan ceremony bakti sosial (baksos) serentak dalam rangka hari bhayangkara ke-75 tahun 2021 di lapangan apel Mapolda Papua, Jumat (25/6/2021).

Tema hari bhayangkara ke-75 tahun 2021, transformasi polri yang presisi mendukung percepatan penanganan covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju.

Turut hadir, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, Dir lantas Polda Papua, Kombes Pol M. Nasihin, Para PJU Polda Papua dan Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Pangdam Diwakili Kolonel Cpl Halomoan Rajaguguk, Danlantamal X Jayapura diwakili Kolonel Amir, Kajati diwakili A. Muhdhor, Kalanti diwakili Boni Sangga, Ketua Kanwil Mandiri Papua, dan Perwakilan Jasa Raharja.

Dir Lantas Polda Papua, Kombes Pol M. Nasihin, mengatakan pelaksanaan bakti sosial tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya karna terdapat pandemi Covid-19 dan sesuai dengan arahan Kapolri dan Kapolda untuk membantu rekan-rekan yang terdampak Covid19 berupa kegiatan penyaluran bantuan-bantuan berupa Sembako, dan juga berupa alat pelindung diri (APD).

“Kegiatan Bhakti Sosial ini kami laksanakan selama 5 hari mulai tanggal 25 sampai dengan 30 Juni 2021 dengan melakukan pendistribusian sembako ke 18 komunitas sebanyak 1.030 paket orang/kepala dan juga pembagian masker sebanyak 15.000 buah dan apd sebanyak 35 buah,” kata Ketua Panitia Baksos, Kombes Pol. M. Nasihin.

Penyerahan sembako secara simbolis kepada Purn TNI-Polri, Ojek, Perwakilan Taxi, disabilitas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Panti Asuhan Pelangi Jayapura, TKBM, Ketua Kingmi, Ketua MUI, Ketua Paradise Hindu Dharma Kota Jayapura, Ketua Klasis Gereja Adven, Uskup Agung Jayapura, Ketua Lapago, Sekjen BMP Koya Jayapura, Ketua Asrama Mahasiswa Nduga, Ketua Asrama Kinaonak, Asrama Nayak, Arsama Pegunungan Bintang dan Panti Asuhan Muhammadiyah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa Pelaksanaan bakti sosial serentak ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara.

“Walaupun dilaksanakan dengan suasana yang berbeda dikarenakan Pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi khidmat dan tekad kita dalam meningkatkan kinerja untuk mengabdi kepada masyarakat dan mendukung program Pemerintah,” kata Kapolri dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda Papua, Brigjen, Eko Rudi Sudarto.

“Kita tidak boleh lengah, untuk itu dibutuhkan upaya yang extra ordinary dan saling bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Sementara itu kegiatan bakti sosial ini akan dilaksanakan secara serentak, dimulai pada tanggal 25 Juni sampai 9 September 2021 di berbagai lokasi sasaran yang telah ditentukan meliputi wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta.

Diikuti oleh seluruh Polda dan jajaran di seluruh penjuru tanah air dengan membagikan 272.662 paket sembako, 200.000 masker, dan 40.000 hand sanitizer kepada para yatim piatu, fakir miskin dan kaum duafa, buruh dan karyawan korban PHK, panti jompo, panti asuhan, panti M sosial, kalangan supir, ojek pangkalan, penyandang disabilitas, purnawirawan/warakawuri TNI-Polri, tenaga medis, UMKM terdampak pandemi, serta kelompok masyarakat lainnya.

Selain itu, Polri juga akan melaksanakan vaksinasi massal kepada 1.031.056 masyarakat secara serentak di 34 Polda dan kegiatan kemanusiaan lainnya seperti kegiatan Donor Darah, Donor Plasma Convalesen, Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Pengobatan Massal, dan pelayanan penerbitan SIM bagi masyarakat yang berulang tahun pada tanggal 1 Juli 2021.

Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya dalam mendukung terbentuknya kondisi kesehatan masyarakat yang mantap.

VER

as