as
as

Anggota Komisi I DPR RI : Kemenkominfo Harus Proaktif Pantau Info Hoax Soal Covid-19

Yan p Mandenas UU Cipta Kerja Dipelintir 1

Koreri.com, Jayapura – Anggota Komisi I DPR RI Yan P. Mandenas, S.Sos, M.Si meminta agar Kementerian Komunikasi dan Informatika lebih proaktif dan bersinergi dengan Satgas Covid-19 atau Satuan tugas lainnya.

Dalam hal ini, untuk mengontrol perkembangan dan penyebaran informasi terkait sebaran pandemi Covid-19 dan varian barunya.

“Kita mengharapkan bahwa informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar, serta didasarkan pada data serta informasi dari sumber yang valid juga dari lembaga yang kredibel. Publik perlu memiliki informasi yang benar terkait jenis perkembangan virus serta klasifikasi dampaknya secara baik dan komprehensif,” pinta Mandenas, dalam rilis persnya yang diterima Koreri.com, Selasa (6/7/2021).

Karena, menurutnya, jangan sampai apa yang beredar di publik hanyalah berdasarakan pada spekulasi-spekulasi liar serta opini yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, dan dibiarkan tanpa kendali.

Anggota DPR-RI dapil Papua ini juga meminta agar Menteri Komunikasi dan Informatika beserta jajaranya lebih berperan aktif memantau sumber informasi yang beredar serta memastikan bahwa bukan informasi “hoax” yang dikuatirkan berpotensi menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang tidak perlu.

Publik membutuhkan informasi terkait perkembangan Covid-19 secara benar agar lebih waspada dan serius melakukan protokol kesehatan.

“Karena itu, semua informasi yang beredar harus akurat dan teruji,” tegas politisi Gerindra ini.

Selain itu, ia juga meminta Kementerian Kominfo dapat membangun komunikasi intensif dengan semua media pemberitaan, baik cetak maupun elektronik, serta kelompok pengguna media sosial agar ikut mendorong kesadaran serta disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Peran sosialisasi media harus lebih ditingkatkan oleh Kementerian terkait.

Selain itu, disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan akan ikut menekan laju penyebaran Covid-19, termasuk jenis varian baru lainnya.

Di luar itu, peran media perlu didorong oleh Kementerian Kominfo agar ikut berpartisipasi, melalui pemberitaan, dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi nasional.

“Target vaksinasi harian oleh Pemerintah harus dicapai agar ketahanan masyarakat kita bisa segera terbentuk. Karena itu, kesadaran publik mengenai pentingnya vaksinasi harus bisa didorong melalui pemberitaan dan informasi,” tegasnya.

Mandenas berharap, melalui tingkat kesadaran tinggi, komitmen disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta partisipasi yang luas dalam mengikuti vaksinasi, bangsa Indonesia bisa segera keluar dari kubangan dan masa-masa sulit menghadapi Covid-19 ini.

SEO

as