as
as

Bereaksi Atas Penunjukan Yunus Wonda, Pengurus Demokrat Papua : Belum Final

Hugo A Bobby Jikwa
Pengurus Demokrat Papua Hugo Abeikop (kiri) - Bobby Jikwa

Koreri.com, Jayapura – DR. Yunus Wonda, SH, MH resmi ditunjuk sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari Partai Demokrat (PD) Papua.

Penunjukkan dilakukan langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe.

Namun kini, penunjukkan tersebut malah mendapat reaksi keras dari internal partai sendiri yang dinilai belum sah dan belumlah final.

Hal itu ditegaskan Hugo Abeikop selaku Pengurus DPD Partai Demokrat Papua menanggapi ditunjuknya Yunus Wonda yang masuk dalam bursa Cawagub menggantikan almarhum Klemen Tinal.

“Karena sebagai kader Partai Demokrat yang selama ini berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat, penetapan calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur merupakan tugas dan wewenang Majelis Tinggi Partai (MTP) yang diketuai Susilo Bambang Yudoyono (SBY),” tegasnya saat dihubungi via telepon selularnya, Rabu malam (14/7/2021).

Untuk itu Hugo meminta Boy Dawir selaku Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua dan sang Ketua DPD Lukas Enembe untuk tidak langsung membawa satu nama saja yakni  Yunus Wonda ke dalam rapat koalisi partai pengusung Lukmen Jilid-II, karena secara ke dalam Partai Demokrat hal ini belum sah dan  final.

“Kami juga minta supaya usulan kepada Ketua Umum AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat DPP Partai Demokrat SBY tidak dilakukan di luar mekanisme partai dan harus sesuai prosedur yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu secara terpisah Pengurus  DPD PD Papua lainnya, Bobby Jikwa SPd, MS.i  mengkritik keras cara kerja Plt Sekertaris DPD Partai Demokrat Papua BMD  yang secara sepihak membawa laporan hasil rapat pleno partai, Selasa malam (13/7/2021) tanpa melibatkan  impinan rapat pleno lainnya Ketua DPD Partai Demokrat Papua.

Dia menekankan, Sekretaris untuk mengikuti mekanisme partai sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Semua harus berjalan sesuai mekanisme yang berlaku,jangan dimanfaatkan untuk kepentingan dirinya sendiri,” tegasnya.

Partai Demokrat Provinsi Papua akhirnya resmi mengusung DR. Yunus Wonda, SH, MH sebagai calon Wakil Gubernur (Wagub) setempat.

Wonda terpilih dari antara 6 nama kader terbaik partai berlambang bintang mercy lainnya seperti, Ricky Ham Pagawak, SH, M.Si (Bupati Mamberamo Tengah), DR. Yunus Wonda, SH, MH (Wakil Ketua I DPR Papua), dan Tonny Tesar, S.Sos (Bupati Yapen).

Nama lainnya, Usman G. Wanimbo, SE, M.Si (Bupati Tolikara), Yermias Bisay, SH (Bupati Waropen) serta Natalis Tabuni, S.Si, M.Si.

SEO

as