as
as

Digusur dari Ketua Komisi III DPRD Maluku, Rahakbauw : Itu Biasa Saja

Richard Rahakbauw2
Ketua Komisi III DPRD Maluku Richard Rahakbauw

Koreri.com, Ambon – Richard Rahakbauw baru saja digusur dari posisinya sebagai Ketua Komisi III DPRD Maluku.

Anos Yeremias, dilaporkan menempati kursi yang ditinggalkan mantan Wakil Ketua Parlemen Maluku ini.

Saat di konfirmasi soal penggusurannya, Selasa (27/7/2021), Rahakbauw mengaku tak mengetahui hal itu.

“Saya tidak tahu, dasar pergantian juga saya tidak tahu, ini cuma sepihak saja. Saya juga kaget dan juga baru tahu dari media kalau saya diganti dari ketua Komisi. Kalau betul saya diganti maka silakan, itu keputusan partai,” akuinya.

Rahakbauw mengaku tak mempersoalkan penggusuran dirinya.

“Silakan saja, yang penting saya mengabdi untuk rakyat. Ada urusan apa? Memangnya diganti lalu kita jadi orang bodoh itukan tidak! Saya ini punya pengalaman jatuh bangun, itu biasa saja, jadi bukan sama dengan kader lain lalu cegeng, tapi saya tidak,” bebernya.

Rahakbauw pun menegaskan jika dirinya punya kualitas dan diakui oleh banyak masyarakat terkhususnya masyarakat kota Ambon.

“Karena kita jadi anggota DPRD untuk pegabdian, kita punya kapasitas, kualitas teruji di publik. Jadi kalau mau diganti ya silahkan supaya kedepan kita menurut perintah saja. Itu juga menguatkan elektabilitas saya untuk merebut kursi Wali Kota Ambon,” tegasnya.

Prinsipnya sebagai kader partai, Rahakbauw mengaku taat untuk melaksanakan apa yang menjadi perintah partai.

“Kalau memang partai merasa saya tidak layak maka diganti saja, tapi yang jelas saya punya kualitas sebagai ketua komisi selama ini. Dan itulah yang terjadi di Golkar, tapi kita mau bilang apa lagi, kitakan bawahan dan sayakan tidak pernah memaksa kehendak saya untuk menjadi pimpinan komisi itukan tidak. Kita harus taat asas partai, apapun kebijakan partai sakit atau tidak sakit, senang atau tidak senang kita harus terima dengan lapang dada,” cetusnya.

Bagi Rahakbauw, sebagai politisi senior yang telah mengabdi selama empat periode di DPRD Maluku dirinya harus menjadi contoh dan teladan bagi rekan-rekan lainnya.

“Karena saya taat asas terhadap partai dan tidak pernah melawan kepada perintah partai,” tambahnya.

Meski demikian, Rahakbauw tetap memegang prinsipnya.

Tetapi catat ini, misalnya Ketua Komisi Anos Yermias menggantikan saya dan kemudian saya diminta kembali menjadi ketua komisi ya pasti saya tidak mau. Saya orang yang punya prinsip, saya bicara dan perbuatannya sama, saya ini tidak gila jabatan,” pungkasnya.

JFL

as