Tekno  

Studi: Vaksin Moderna Unggul Dalam Ciptakan Antibodi Dibanding Pfizer BioNTech

Koreri.com – Sebuah studi yang dilakukan dengan membandingkan respon imun individu yang telah menerima vaksin Covid-19 menunjukkan bahwa Moderna unggul dalam hal menaikan level imun dibandingkan Pfizer dan BioNTech.

Studi yang dilakukan itu melibatkan 2.499 pekerja medis Belgia yang sudah divaksinasi dengan dua dosis masing-masing vaksin itu, diterbitkan pada Senin di Journal of the American Medical Association seperti dikutip dari laman Market Watch.

Dari hasil riset yang dilakuka, ditemukan bahwa partisipan yang sebelumnya pernah terinfeksi memiliki level antibodi yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang belum pernah terinfeksi Covid-19.

Namun vaksin Moderna yang berbasis mRNA jauh mengungguli kedua produsen vaksin tersebut dengan nilai -3.02% hitungan medis.

Bagi mereka yang belum pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya, antibodi yang terbentuk berada di 2881 unit per mili liter bagi pengguna moderna, sedangkan 1108 unit per mili liter bagi mereka yang menerima vaksin Pfizer PFE, +0.34% dan BioNtech, -3.76% hitungan medis.

Studi tersebut memberikan beberapa alasan bagi perbedaan antibodi yang terbentuk diantara vaksin-vaksin tersebut, yakni diantaranya karena jeda penyuntikan.

Moderna memiliki jeda penyuntikan 4 minggu dibandingkan Pfizer yang hanya 3 minggu.

Para peneliti juga mengatakan bahwa suntikan Moderna memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan vaksin yang lain.

Level antibodi secara negatif juga berkorelasi dengan umur diantara orang-orang yang belum pernah terinfeksi penyakit asal Wuhan China itu, dengan yang level antibodi atau imun tertinggi, ditemukan pada mereka yang berusia dibawah 35 tahun.

AND

Sumber: Market Watch