as
as

Sekretariat DPRD Maluku Launching MERINDU, Usung 2 Ruang  

Sekretariat DPRD Maluku Launching mERINDU

Koreri.com, Ambon – Sekretariat DPRD Maluku melaunching MERINDU (Media Informasi Terpadu) dalam rangka implementasi aksi perubahan PKA Angkatan IV Tahun 2022, di gedung Dewan setempat, Senin (26/9/2022).

MERINDU merupakan gagasan Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan, Fahratun Rabiah Samal, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di lingkup Sekretariat DPRD Maluku.

“Saya sebagai pejabat administrator dituntut untuk melakukan implementasi aksi perubahan. Saya membuat MERINDU dengan tujuan untuk peningkatan pelayanan publik,” ungkap Fahra dalam sambutannya.

Dikatakan, MERINDU memiliki beberapa ruang diantaranya Galeri UKM dan Pojok Baca.

Galeri UKM berfungsi untuk membantu promosi dan pemasaran produk-produk UMKM di Maluku serta meningkatkan pendapatan pelaku UKM sehingga kesejahteraan mereka berkembang.

“Sementara ruang Pojok Baca yang juga merupakan program Bunda Literasi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail ini guna mendukung gerakan gemar membaca masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Fahra, MERINDU juga memberikan langkah mudah untuk masyarakat bahkan rekan-rekan media dalam mengakses informasi, serta menunjang kinerja Pimpinan dan Anggota Dewan dalam pelayanannya.

“Terima kasih kepada setiap pihak yang telah memberi dukungan. Dengan adanya sistem ini maka kita sudah menunjang salah satu program dari Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yakni Maluku Digital,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris DPRD Provinsi Maluku Bodewin Wattimena yang turut hadir secara langsung mengapresiasi MERINDU yang mana merupakan gagasan Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan tersebut.

“Saya memberikan apresiasi dan mendukung penuh gelaran acara ini. Selain mendukung pemerintah provinsi, MERINDU ini juga mendukung DPRD Provinsi Maluku,” ucapnya.

Menurutnya, digitalisasi sangat penting dalam menunjang tugas pelayanan pokok serta fungsi Dewan.

Selain itu, hal ini juga dapat memudahkan DPRD Maluku untuk berinovasi dalam melakukan pelayanan publik.

“Dengan adanya MERINDU ini, diharapkan dapat membuat suatu perubahan di DPRD provinsi, sehingga masyarakat yang ingin mencari tahu informasi terkait sejauh mana aspirasi-aspirasi mereka diserap bahkan sebagainya, dapat terlayani dengan baik,” tandasnya.

Senada dengan Wattimena, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury juga turut memberikan apresiasi.

“Fungsi media seperti ini sangat penting apalagi di era digital seperti ini. Ini ide yang bagus dan brilian,” ujarnya

Wattimury berharap, MERINDU bisa berdampak positif bagi kemajuan informasi kepada masyarakat.

Untuk diketahui, peresmian MERINDU ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekwan DPRD Maluku dan pemotongan pita oleh Ketua Dewan, didampingi Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan, Fahratun Rabiah Samal.

JFL

as

as