as
as

Panglima TNI Tekankan 5 Hal Penting Bagi Prajurit Di Papua

WhatsApp Image 2023 01 09 at 17.12.45
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, serahkan penghargaan kepada Prajurit TNI Polri yang berprestasi yakni Kombes Pol. Firman selaku Kepala Ops Damai Cartenz, Kapten Inf Adam Susanto selaku Dansattis wilayah Provinsi Papua dan Kapten Inf Hamdan Fauzul Selaku Dansattis wilayah Jayapura / Foto: Pendam Cenderawasih

Koreri.com, Jayapura – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Didampingi para Kepala Staf Angkatan melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih di Kota Jayapura, Papua, Senin (9/1/2023).

Kedatangan Panglima TNI, Kapolri, para kepala staf angkatan disambut langsung Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Muhammad Saleh Mustafa beserta para Pejabat Utama Kodam beserta seluruh Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU di wilayah Papua.

Panglima TNI laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan disambut dengan antusias oleh Para Prajurit, baik dengan tarian, nyanyian selamat datang maupun tepuk tangan.

Dalam pengarahannya kepada Prajurit TNI dan Polri di lapangan Paving Blok Makodam, banyak pesan dan arahan yang disampaikan Panglima TNI dan Kapolri kepada Para Prajurit TNI dan Polri.

“Ini sungguh kebanggaan saya dapat hadir di tengah-tengah prajurit TNI Polri yang terbaik dan terpilih mendapat amanah menjaga Merah Putih tetap berkibar di Papua,” kata Panglima TNI.

Jenderal angkatan laut itu mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengorbanan Para Prajurit TNI Polri selama ini, dimana tantangan tugas saat ini tidak ringan, baik penerapan Daerah Otonomi Baru (DOB), Pemilu dan Pilkada Serentak.

“Untuk itu kita harus beradaptasi dengan situasi yang ada,” katanya.

Dengan melihat tantangan tugas kedepan, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan sebagai pegangan Prajurit TNI Polri dalam bersikap dan bertindak di lapangan

Pertama, pertebal terus keimanan, kekuatan spiritual akan mampu meningkatkan kemampuan dalam bertugas dan jadikan penugasan sebagai sarana Ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kedua, jaga terus sinergitas, soliditas dan komunikasi yang baik antar sesama aparat, khususnya TNI Polri maupun Kementerian dan Pemda.

“Bahwa kehadiran TNI Polri adalah membantu Pemda dan TNI tentu membantu Polri. Mari bersama bersinergi untuk NKRI,” ujarnya.

Ketiga, pertajam terus naluri tempur, harus disiplin dan jangan lengah. Meskipun fokus pembinaan teritorial, namun naluri tempur dan kewaspadaan tetap dijaga.

Keempat, jangan sekali kali menakuti dan menyakiti hati rakyat, justru sebaliknya harus rebut hati rakyat dengan karya nyata yang bermanfaat. “Galakkan kegiatan pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan bantu ketahanan pangan,” kata Panglima TNI.

Kelima, pahami seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku, para Komandan dan perwira harus terus mampu meningkatkan pengetahuan hukum anggotanya.

“Prajurit harus mengetahui batasan kewenangannya yang dimiliki dan junjung tinggi rule of  judgment yang mana penggunaan senjata dan tahu mana yang legal dan ilegal, sehingga pelanggaran hukum dan disiplin dapat diminimalisir,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Staf Agkatan dan Para Pejabat Utama TNI Polri.

“Kunjungan ini merupakan kebanggaan dan berkah bagi Tanah Papua,” kata Mayjen TNI. Saleh Mustafa saat memberikan sambutan di Aula Tonny Rompis Makodam XVII/Cenderawasih.

Acara dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada Prajurit TNI Polri yang berprestasi yakni kepada Kombes Pol Firman selaku Kepala Ops Damai Cartenz, Kapten Inf Adam Susanto selaku Dansattis wilayah Provinsi Papua dan Kapten Inf Hamdan Fauzul Selaku Dansattis wilayah Jayapura.

Kasad Jenderal TNI. Dudung Abdurachman, memberikan bantuan Pompa Hydrant, Pipa Air HDPE dan lampu solar cell kepada Pangdam XVII/Cenderawasih untuk masyarakat kesulitan air bersih di Papua.

Selanjutnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan beserta rombongan melaksanakan ziarah ke TMP Kesuma Trikora di Waena dalam rangka menghormati jasa Para Pahlawan.

RIL

as