as
as

UMKM Bang Pace Buka Gerai Di Kawasan Bandara Sentani

WhatsApp Image 2023 01 08 at 20.58.15
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Muhammad Saleh Mustafa resmikan gerai UMKM Bang Pace Korem 172/PWY di kawasan Bandara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023) / Foto: Penrem 172

Koreri.com, Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Muhammad Saleh Mustafa resmi membuka gerai UMKM Bang Pace Korem 172/PWY di kawasan Bandara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023).

Gerai Bang Pace adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, sebagai dukungan nyata TNI dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Papua.

as

Pangdam XVII/Cenderawasih dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Korem 172/PWY terkhusus Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam membantu memajukan perekonomian khususnya UMKM Mama Papua melalui programnya Mama Papua Mampu.

“Meskipun ini hanya sederhana tapi manfaatnya besar sekali. Saya pun mengapresiasi Danrem yang sudah inisiasi membuka gerai Bang Pace. Nanti ini akan dikelola oleh mama-mama Papua yang merupakan UMKM binaan Korem 172/PWY, di mana mereka menjadi seperti ini sudah melalui proses yang panjang dengan melalui pelatihan yang bertujuan untuk pemberdayaan pelaku usaha,” kata Pangdam.

Di gerai ini, lanjut Pangdam, mama-mama Papua bisa menjual berbagai jenis produk camilan yang mereka dapat dalam pelatihan di Korem.

“Intinya dari acara ini ada hikmah yang bisa kita ambil, bahwa apapun yang kita usahakan jika itu ada niat yang baik, kita saling tolong menolong, gotong royong, bahu membahu, maka Tuhan akan memberkati kita semua dan memberikan kesuksesan,” sebutnya.

“Apalagi didasari oleh niat baik kita bahwa kita ingin mensejahterakan Papua, dalam hal ini mama-mama Papua yang diwadahi dalam kelompok UMKM binaan Korem 172/PWY,” imbuh Pangdam.

Pangdam juga berterima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam menghadirkan gerai Bang Pace ini, seperti Cafe Guten Morgen, PT Angkasa Pura dan lainnya.

“Yang tidak kalah penting adalah Pemkab Jayapura yang hari ini dihadiri oleh PJ Bupati Jayapura. Perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan UMKM merupakan solusi yang terbaik dalam mempertahankan ekonomi kita yang sedang krisis ekonomi,” pungkasnya.

Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI J.O Sembiring, mengatakan UMKM Bang Pace merupakan sebuah usaha kuliner yang dikelola Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 172.

Dimana usaha ini telah diresmikan pada tanggal 12 November 2022 lalu, bertepatan dengan acara syukuran HUT ke-59 Korem 172/PWY. Gerai utamanya berada di Makorem 172/PWY, Abepura.

“Usaha ini menjajakan berbagai kuliner produk UMKM dari mama-mama Papua yang telah membangun usaha secara mandiri setelah mendapat bimbingan teknis dari program gebyar Mama Papua Mampu Korem 172/PWY,” kata Danrem.

Danrem menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga gerai Bang Pace Bisa diresmikan di bandara.

“Kami berharap usaha kuliner ini bisa diterima dan dikuasai oleh masyarakat luas, salah satunya dengan pemilihan pembukaan gerai pertama di Bandara Internasional Sentani ini. Hal ini didukung oleh pihak Angkasa Pura sebagai bentuk dukungan mereka dalam peningkatan UMKM. Saat ini kami juga berkolaborasi dengan Cafe Guten Morgen,” ujarnya.

Bang Pace hadir sebagai salah satu pilihan bagi pengunjung atau pengguna jasa Bandara Sentani untuk dijadikan oleh-oleh kuliner khas Papua.

“Bandara merupakan salah satu lokasi strategis yang cukup menjanjikan dalam mengembangkan usaha ini agar dapat dikenal secara luas oleh pasar Nasional maupun Internasional. Harapannya, setelah mereka membeli produk ini, ketika ke sini akan membeli lagi, atau bisa membeli lewat online,” tuturnya.

Gerai Bang Pace menyediakan beragam jenis oleh-oleh kuliner khas Papua dengan produk unggulan Abon Gulung, Kue Bolen, Kopi Bubuk An Meke, Keripik Tempe, Manisan Kelapa, Keripik Talas Ungu, Selai Kelapa, Nugget ikan, Kerupuk Sagu dan Kacang Sembunyi.

Sementara itu, salah satu Mama Papua Mampu, Engelina Felle mengaku terkejut, karena mereka baru saja selesai mengikuti pelatihan bimtek yang digelar Korem. Namun saat ini mereka sudah dibukakan lapangan usaha untuk membuat kue yang akan dijajakan di gerai Bang Pace.

“Kami sangat bersyukur, sekarang sudah diberikan tempat untuk menjual hasil usaha kami. Untuk itu, terima kasih kepada Danrem dan jajaran yang sudah membantu kami mama Papua dalam mengembangkan usaha rumahan kami,” ucap Engelina yang memiliki usaha roti dan manisan kelapa.

REM-172

as