as
as

Pimpin IKA UNHAS Wilayah Maluku 2022-2026, Usemahu Sampaikan Harapannya

Ismail Usemahu Pimpin IKA UNHAS Maluku
Ketua terpilih Ismail Usemahu (kiri) saat prosesi pelantikan yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum PP IKA UNHAS Andi Irwan Patawari

Koreri.com, Ambon – Pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanudin (IKA UNHAS) Wilayah Maluku masa bakti 2022-2026 resmi dilantik.

Ismail Usemahu selaku Ketua terpilih IKA UNHAS Maluku mengaku prosesi pelantikan ini merupakan salah satu bukti bahwa alumni universitas yang dikenal dengan julukan “Kampus Merah” yang ada di Provinsi Maluku, terorganisir dan terkonsolidasi secara baik dalam kepengurusan yang ada di daerah ini.

as

“Kehadiran IKA UNHAS Wilayah Maluku ini didasari oleh komitmen para alumni dalam rangka untuk turut mengambil bagian membangun Provinsi Maluku,” ungkapnya pasca dilantik Wakil Ketua Umum PP IKA UNHAS Andi Irwan Patawari, bertempat di aula Kantor Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Maluku, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku, Sabtu (28/1/2023 ).

“Kami tentu menyadari bahwa kolaborasi dan kerjasama yang baik antara masyarakat dan Pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Maluku, akan menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan Maluku yang sejahtera dan maju,” tandasnya.

Untuk itu, Usemahu berharap, organisasi IKA UNHAS Wilayah Maluku merupakan jembatan yang dapat menjembatani para alumni untuk memberikan sumbangsih positif terhadap pembangunan di wilayah ini melalui sejumlah kebijakan prioritas pembangunan daerah.

Sebagaimana diketahui, program prioritas Provinsi Maluku tahun 2022 diarahkan pada sejumlah sektor diantaranya meliputi percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, revitalisasi tata kelola pemerintahan dan peningkatan mutu layanan publik, peningkatan pembangunan infrastruktur  dan peningkatan konektivitas yang merata dan berkualitas.

“Dari sejumlah prioritas pembangunan tersebut, dapat dikatakan bahwa Provinsi Maluku menunjukan pencapaian yang cukup signifikan melalui perencanaan pembangunan yang telah didesain dan dicanangkan,” lanjtunya.

Hal ini berdasarkan penyampaian Gubernur Murad Ismail dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKP) tahun 2022, bahwa berbagai indikator menunjukan perbaikan, dimana ekonomi tumbuh sebesar 5,33 persen year on year, yang diikuti oleh penurunan angka pengangguran terbuka 6,93 persen dari 7,57 persen.

Begitu juga penurunan angka kemiskinan secara signifikan dari 17,99 persen menjadi 16,30 persen.

Hal ini berarti bahwa penurunan kemiskinan tersebut terbesar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dan terbesar di seluruh indonesi.

Demikian juga dengan indeks pembangunan yang mengalami peningkatan dari 69,49 persen menjadi 69,71 persen. Sedangkan dimensi standar layak hidup meningkat dari 8,73 juta rupiah per tahun menjadi 8,77 juta rupiah per tahun.

Hal ini juga bersamaan dengan peningkatan indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Maluku pada tahun sebelumnya yang didukung oleh semua dimensi.

“Jadi pelantikan Pengurus IKA UNHAS Wilayah Maluku ini, merupakan bagian dari ikhtiar alumni UNHAS yang ada di Maluku untuk bertukar pikiran dan melahirkan gagasan-gagasan baru dalam memperkuat ruang kebijakan pembangunan daerah,” tandasnya.

Kegiatan pelantikan ini juga dalam rangka mendorong implementasi kolaborasi eksternal dalam mendukung program prioritas Provinsi Maluku.

“Dengan adanya momentum ini, menjadi kesempatan kepada seluruh alumni untuk dapat mengidentifikasi problematika yang penting dan mendesak untuk segera diadvokasi dan diwujudkan melalui program kerja yang kongkrit, terarah, terukur dan berkelanjutan,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Usemahu juga mengajak seluruh alumni UNHAS untuk selalu menjaga kekompakan dan soliditas dalam berhimpun dan mengupayakan kontribusi bagi masyarakat Provinsi Maluku.

“Kita alumni UNHAS di Maluku memiliki latar belakang dan profesi yang berbeda-beda, dimana ada yang meliputi birokrat, akademisi, entrepreneur, praktisi dan politisi. Maka dengan potensi keilmuan yang dimiliki, Alumni UNHAS di Maluku harus bisa berkontribusi baik dalam tenaga, pikiran, maupun sumberdaya dengan semangat dan prinsip giving back to the society,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat IKA UNHAS, Andi Irwan Patawari mengatakan, dengan tagline “Kolaborasi untuk Negeri”, maka semua alumni harus menyatu saling berkolaborasi.

Ia juga menyampaikan rasa bangga sekaligus ucapan selamat atas dilantiknya pengurus IKA UNHAS Wilayah Maluku.

“Jadi bagi kami Alumni IKA UNHAS itu pada ujungnya ada kemanfaatan. Ada tiga hal yaitu bermanfaat bagi sesama alumni kita, bermanfaat bagi almamater kita dan yang paling penting dia bermanfaat, berkontribusi terhadap wilayah negeri kita dan terkhusus untuk Provinsi Maluku,” tegasnya.

Andi pun mengajak rekan-rekan pengurus yang baru dilantik agar bisa terus bersama-sama berkolaborasi dengan pihak Pemerintah daerah.

“Tujuan kita ingin menjadikan kemajuan pembangunan di daerah ini dan menjadikan daerah ini maju setara dengan daerah-daerah lainnya,” pungkasnya.

JFL

as