as
as

Pangdam Pattimura Hadiri Peresmian Kantor Majelis Latupati Maluku

Pangdam 16 PTM Persmian kantor Majelis Latupati Mal

Koreri.com, Ambon – Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menghadiri acara peresmian kantor Majelis Latupati Maluku yang berlokasi di Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, Senin (13/2/2023).

Majelis Latupati merupakan perkumpulan dari raja- raja yang mempunyai tugas sebagai instrumen bagi peraturan adat di Maluku.

as

Selain itu, keberadaan Majelis Latupati ini sebagai perwujudan lembaga desa atau negeri adat, lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat, menjadi bagian dari susunan asli negeri yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa negeri.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mendengarkan sambutan- sambutan, penandatanganan prasasti.

Dengan diresmikannya kantor Majelis Latupati ini, Pangdam berharap mampu membawa perkembangan positif dan memberikan peningkatan pada fungsi dan peran Majelis Latupati bagi masyarakat Maluku.

“Dengan diresmikannya kantor ini, saya berharap kedepannya seluruh program dapat dirancang dan berjalan dengan baik. Tak hanya melestarikan budaya namun juga berkontribusi membantu Pemerintah dalam rangka pelaksanaan pembangunan,” ujar Pangdam.

Tak hanya peresmian kantor, Ny. Widya Pratiwi Murad, turut mendapat gelar kehormatan sebagai Ina Latu Maluku yang diiringi dengan pembacaan surat keputusan gelar kehormatan adat dan pembacaan naskah pengukuhan.

Sejumlah pejabat yang turut hadir pada acara tersebut diantaranya Gubernur Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, para Asisten Kasdam XVI/ Pattimura, Forkopimda Provinsi Maluku dan para tokoh masyarakat.

PDP-16

as