as
as

Parade Wor dan Gerak Jalan Wos Byak Meriahkan Festival BMW 2023

IMG 20230710 WA0002

Koreri.com, Biak – Parade Wor dan gerak jalan Wos Byak digelar dalam rangka meriahkan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) 2023 ditonton ratusan warga Biak, Jumat (7/7/2023).

Sesuai data yang diinformasikan lomba gerak jalan Wos Byak diikuti sebanyak 20 peserta serta Parade Wor Byak sebanyak 50 peserta asal sanggar tari dari perwakilan distrik, kelurahan dan kampung.

as

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Pd., M.Pd saat melepas gerak jalan Wos Byak dan Parade Wor mengatakan, ajang ini merupakan salah upaya Pemerintah daerah melestarikan budaya-budaya lokal sekaligus mempromosikan kekayaan budaya sebagai daya tarik untuk wisatawan.

“Ini juga dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Festival Biak Munara Wampasi, dan sekaligus sebagai site Sail Teluk Cendrawasih yang akan dilaksanakan pada November mendatang,” ungkapnya.

Bupati juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengambil bagian dalam mengikuti gerak jalan Wos Byak dan parade Wor.

“Giat ini menjadi bagian dari upaya mempertahankan budaya Biak yaitu bahasa Biak dalam beberapa kegiatan, dan ini patut kita berikan apresiasi. Bahasa Biak ini harus kita pertahankan,” tandasnya.

“Rangkaian kegiatan ini digelar agar kita terus pertahankan budaya kita, bahasa ibu yaitu bahasa Biak, salah satunya dengan Gerak Jalan Wos Byak untuk kembali mengingatkan kita secara khusus masyarakat asli Biak,” tukasnya.

HDK

as