as
as

Gubernur Murad Menangi Lomba Masak Antar Forkopimda Maluku

IMG 20230817 WA0006

Koreri.com, Ambon – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku ke-78 Tahun 2023, pada 19 Agustus 2023 nanti, Pemerintah setempat melaksanakan Lomba Masak dengan Menu Ikan Kuah Kuning Kenari bertempat di Gong Perdamaian Ambon, Rabu (16/8/2023).

Lomba diikuti jajaran Forkopimda Provinsi Maluku.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Plus Provinsi Maluku, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah Maluku, pimpinan OPD, jajaran TNI Polri, Instansi Vertikal, Para Dewan Juri dan unsur lainnya.

Untuk diketahui lomba ini diikuti oleh 11 peserta dan berdasarkan hasil keputusan para juri, Gubernur Maluku ditetapkan sebagai Juara 1 Lomba Masak Ikan Kuah Kuning Kenari, Juara 2 adalah Rektor Universitas Pattimura, Juara 3 Ketua DPRD Provinsi Maluku, Juara Harapan 1 Pangdam XVI Pattimura, Juara Harapan 2 Kejati Maluku, Juara Harapan 3 Danlantamal IX Ambon, Juara Berharap 1 Kapolda Maluku, Juara Berharap 2 Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kota Ambon, Juara Berharap 3 Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Juara Besar Harapan 1 Lanud Pattimura, serta Juara Besar Harapan 2 Kabinda Maluku.

Gubernur yang ditemui seusai kegiatan tersebut, mengatakan bahwa memasak itu berdasarkan pada tangan yang meraciknya,
“Saya biasa masak dan keluarga saya juga tukang masak, saya rasa kalau masak itu tergantung dari tangan, dengan cara menakar bumbu,” ujarnya.

Gubernur juga membagikan cara memasak ikan kuah kuning ala dirinya, yakni pertama-tama ikan dibumbui dengan garam dan lemon cina. Setelah itu bumbu ditumis hingga matang dan selanjutnya ikan dimasukkan sambil di bolak balik.

Setelah ikan dirasa sudah matang maka ditambahkan air dan campuran lemon cina, jika sudah matang maka ikan kuah kuning siap disantap.

Gubernur juga menyampaikan harapannya, agar lomba ini bisa dilaksanakan setiap tahun sehingga ada momen untuk refreshing.

“Dan ini momen yang paling bagus untuk berkumpul dengan seluruh Forkopimda lengkap untuk terus membangun silaturahim menjaga dan membangun Maluku yang lebih baik,” pungkasnya.

BKL

as

as