as
as

Pergantian Nama Stadion PB Jadi Lukas Enembe Menguat

Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Papua
Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Papua

Koreri.com, Jayapura – Pembangunan Stadion Papua Bangkit (PB) yang berada di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura dalam rangka menyambut event PON XX tahun 2020 mendatang kini hampir rampung.

Meski demikian, usulan penggantian nama stadion tersebut menjadi Lukas Enembe kini terus menguat.
Bahkan, diharapkan nantinya pada saat peresmian stadion megah tersebut telah resmi bernama Lukas Enembe.

Terkait hal tersebut, anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan Yonas Nussi mengakui aspirasi rakyat terhadap pergantian nama stadion PB menjadi Lukas Enembe telah disampaikan pihaknya kepada Staf Khusus Presiden RI Lenis Kogoya dalam pertemuan beberapa hari lalu.

“Kami harapkan Staf Khusus Presiden dapat meyampaikannya lansung aspirasi tersebut ke Presiden RI Ir. Joko Widodo,” harapnya ketika di temui sejumlah wartawan, Kamis (27/06/2019).

Menurut Nussi, hal itu merupakan aspirasi rakyat Papua yang mesti disampaikan kepada Presiden.

Selain itu, pemberian nama stadion tersebut merupakan bagian dari penghormatan kepada Lukas Enembe.

“Karena Lukas Enembe telah membangun gedung negara, dan berani mengambil even besar untuk digelar di Papua yakni PON XX dengan membangun stadion Papua Bangkit. Bagi masyarakat, ini hal besar dalam sejarah orang Papua,” cetusnya.

Ditegaskan Nussi, dari seluruh Gubernur yang memerintah di Tanah Papua baru Lukas Enembe yang berani merenovasi gedung negara.

“PON ini pun bukan masalah juaranya tapi mampu melaksanakan even nasional dengan dibangunnya stadion yang kapasitasnya sama dengan Gelora Bung Karno Jakarta. Berbagai terobosan inilah yang menjadi kebanggaan kita,” tegasnya.

Ditambahkan pula, terobosan ini juga sekaligus menghilanglkan stigma ketertinggalan orang Papua.

VMT

as