as
as

PID Diharapkan Bisa Bawa Kemajuan Desa

Minyak Telon Biak Koreri
Minyak Telon Owi, salah satu hasil karya warga Distrik Kepulauan, Biak Numfor

Koreri.com, Biak – Program Inovasi Desa dengan tema Menjadikan BID sebagai Jendela Perubahan menuju Biak Timur, Oridek, Padaido, Aimando yang menuju mandiri dan sejahtera, telah berlangsung di kampung Soryar Biak Timur, belum lama ini.

Berkaitan dengan giat itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) setempat Setyo Budi, S.Sos, AP berharap Porgram Inovasi Desa (PID) dapat membawa kemajuan bagi desa.

“Harapan kami, program ini bisa membawa kemajuan bagi para pelakunya yang akhirnya dapat mewujudkan tercapainya kesejahteraan masyarakat di desa yang mengalami peningkatan,” harapnya, di Biak, baru-baru ini.

Diungkapkan Setyo, PID 2019 merupakan tahun kedua pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) di Kabupaten Biak Numfor.

“Olehnya itu, tahun kedua ini harusnya lebih baik dan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kampung,” harapnya.

Dijelaskan pula, PID bisa muncul dikarenakan selama ini berbagai program di desa masih dianggap kurang variatif dan belum berkembang padahal potensi masyarakat dan SDA-nya diyakini mampu membuat banyak perubahan.

“Untuk itu sangat dibutuhkan program-program yang lebih fresh dari berbagai gagasan atau ide kreatif sehingga inovasi desa bukanlah sebuah hal yang mustahil,” tukasnya.

Untuk diketahui, pada akhir 2017 lalu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan sebuah terobosan baru dalam rangka meningkatkan pembangunan di daerah pedesaan.

Terobosan tersebut dilakukan untuk mendorong percepatan dan efektivitas penggunaan dana desa.

Semua langkah yang dilakukan kemudian dirangkum dalam sebuah rancangan yang dinamakan Program Inovasi Desa (PID).

Sejak PID dilaksanakan program ini menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat kampung yang senantiasa bertanya-tanya segala hal yang berkaitan dengan inovasi desa sebesar harapan yang ingin mereka rasakan dari manfaat PID terutama di dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kampung.

Seiring terus berlangsungnya PID maka Pemerintah pun mewujudkan dana desa yang selalu bertambah agar ada pendapatan asli Kampung guna mendukung suksesnya pelaksanaan program dimaksud.

Oland DK

as