as
as

Kunjungi Boven Digoel, Kapolda Pastikan Pilkada Susulan Aman dan Lancar

WhatsApp Image 2020 12 29 at 02.12.402
Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw saat memberikan keterangan pers di Kabupaten Boven Digoel, Senin (28/12/2020)

Koreri.com, Jayapura – Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Boven Digoel untuk memastikan Pilkada susulan dapat berjalan aman dan lancar.

Turut hadir, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Ketua KPU Prov Papua selaku KPUD Boven Digoel Theodorus Kosay, Anggota komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.IK, Karolog Polda Papua Kombes Pol Sus Eddi Tavip, Direktur Intelkam Polda Papua Kombes Pol Guntur Agung Supono, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, Kapolres Boven Digoel, AKBP Syamsurijal, SIK, dan Dandim 1711/BVD Letkol Czi. Daniel Panjaitan.

“Jadi, saya bersama Danrem Merauke, Irwasda dan beberapa Pejabat Utama Polda Papua bahwa kegiatan Pemilukada susulan ini memang menjadi perhatian dari Pimpinan kita di Pusat dan tadi saya bersama Danrem, Kapolres dan Dandim berkeliling melihat secara langsung sudah ada beberapa TPS yang telah selesai melaksanakan pemungutan suara,” kata Kapolda Paulus Waterpauw.

Menurut Kapolda, aktifitas masyarakat berjalan seperti biasanya namun aparat terus memonitor perkembangan hasilnya dan berharap semua pasangan calon menerima hasil rekapitulasi baik di tingkat Distrik maupun Kabupaten dan bersama sama menjaga situasi di Kabupaten Boven Digoel tetap aman dan Kondusif.

“Saya mendapatkan laporan adanya keterlambatan pendistribusian logistik namun tadi pagi saya sudah mendapat laporan bahwa logistik sudah sampai dalam keadaan aman,” ujarnya.

“Bagi kami yang penting adalah situasi ini tetap kondusif dan yang menjadi atensi dari kami adalah penyelenggara apa yang menjadi kendala agar segera di benahi,” tambah Kapolda.

Dikatakan, TNI dan Polri siap membantu apapun itu demi kelancaran proses pemilihan susulan ini. “Kami tidak ingin ada logistik yang tersendak ataupun terlambat di karenakan jangan sampai muncul pertanyaan mengapa demikian yang nantinya di khawatirkan akan menimbulkan kesalah pahaman,” tegasnya.

Kapolda juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa saat ini masih berada dalam situasi Pandemi Covid -19 dan berharap bisa menyesuaikan dengan adab kebiasaan baru atau new Normal.

“Meskipun ada koreksi itu adalah Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama untuk bagaimana menjaga situasi ini tetap aman dan kondusif serta Pemilu ini tidak melahirkan Klaster baru di tempat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko, mengatakan TNI selalu siap membantu Polri guna kelancaran proses Pilkada susulan ini baik itu dari perbantuan Pam Pilkada.

“Pada prinsipnya apapun yang di minta oleh Kapolda dan Kapolres kami siap membantu sehingga pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan aman dan kondusif,” kata Danrem.

Dikatakan, Pilkada susulan ini merupakan atensi dari pimpinan pusat, yang mana saat ini semua mata tertuju pada Kabupaten Boven Digoel karna permasalahan yang telah terjadi kemarin. “Namun kami TNI-Polri dan penyelenggara terus berkoordinasi sehingga permasalahan ini bisa teratasi dengan baik,” katanya.

“Besar Harapan kami kepada seluruh warga masyarakat agar bersama sama menjaga situasi ini, agar siapa pun yang menjadi pemenang dalam pemilihan ini tetap kita dukung karena inilah konsekuensi dari sebuah perlombaan,” pungkasnya.

VDM

as