as
as

Jenguk Nakes Korban KST di RS Marthen Indey, Pangdam Cenderawasih Tawarkan Ini

Pangdam 17 Cen Nakes RS Marthen Indey

Koreri.com, Jayapura – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A secara langsung berkunjung ke RS TK II Marthen Indey Jayapura, Rabu (22/9/2021).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui dan memastikan kondisi terkini dari tenaga kesehatan (nakes) korban kekerasan separatis di Papua secara fisik dan psikis.

Sekaligus, memberikan support kepada mereka yang selamat dari kekejian, kebiadaban dan kekerasan yang dilakukan oleh KST (Kelompok Separatis Teroris) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, beberapa waktu lalu.

Di sela-sela kunjungan itu, Pangdam menyampaikan maksud kunjungannya untuk memberikan semangat kepada prajurit dan para nakes agar lekas sehat kembali.

“Dan dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala,” ucap Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam menyampaikan rasa prihatin yang mendalam karena para nakes tersebut yang bertugas untuk kemanusiaan namun malah menjadi korban kekejaman dan kebiadaban KST.

“Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda Papua akan melaksanakan pengejaran serta penindakan terhadap pelaku kekerasan, kekejian dan kebiadaban yang sudah diluar batas kemanusiaan,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Pangdam, dalam rangka mengamankan serta mengejar para pelaku, Kodam XVII/Cenderawasih juga sudah melaksanakan penambahan pasukan di Distrik Kiwirok.

Di akhir kunjungan, Pangdam memberikan tali asih dan mengajak para nakes, apabila sudah sembuh dan ingin mengabdi kembali sebagai nakes, maka RS TK II Marthen Indey akan memfasilitasi untuk menjadi tenaga honorer.

“Jika sudah betul-betul sembuh dan ingin bekerja kembali di bidang kesehatan, maka saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih membuka pintu untuk bekerja sebagai tenaga honorer di RS TK II Marthen Indey,” tutup Pangdam.

Sementara itu, Dokter Restu Pemanggi mewakili para nakes menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kepedulian yang diberikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak Pangdam XVII/Cenderawasih atas kepedulian, perhatian serta motivasi yang sudah diberikan kepada kami, sehingga kami bisa selamat, pulih dari trauma, lebih baik dan bersemangat, sekali lagi terimakasih Bapak Pangdam beserta staf atas kepeduliannya,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Deki Zulkarnaen dan Karumkit TK II Marthen Indey Kolonel Ckm dr I Ketut Djulijasa SpB.

AND

as