as
as

Ricky Kambuaya, Pemain Terbaik Leg 2 Final AFF 2020 yang Tetap Merendah

Ricky Kambuaya
Gelandang serang tim nasional Indonesia Ricky Kambuaya ditahbiskan sebagai pemain terbaik laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1/2022).

Koreri.com, Jakarta – Gelandang serang tim nasional Indonesia Ricky Kambuaya ditahbiskan sebagai pemain terbaik laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1/2022).

Itu kedua kalinya Ricky dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan Piala AFF 2020 setelah sebelumnya mendapatkan pencapaian serupa pada laga versus Kamboja di penyisihan grup.

Meski demikian, ia mengaku tidak akan terbuai dengan status tersebut.

“Saya tidak pernah menganggap bahwa saya yang terbaik. Saya hanya mengikuti strategi pelatih,” ujar Ricky dalam konferensi pers usai laga leg kedua final Piala AFF 2020, diikuti di Jakarta Sabtu (1/1/2022) malam.

Ricky boleh saja merendah. Namun, fakta membuktikan bahwa pemain berusia 25 tahun itu masuk jajaran personel skuad “Garuda” yang paling konsisten sepanjang Piala AFF 2020.

Ricky merupakan salah satu pemain yang selalu masuk dalam daftar sebelas pertama pada setiap laga Piala AFF 2020 bersama Asnawi Mangkualam Bahar dan Rachmat Irianto.

Kemampuan pemuda asal Sorong, Papua Barat, itu menjelajah lapangan dan menjadi penghubung antarlini membuat pelatih Shin Tae-yong selalu mempercayakan tempat kepadanya.

Apapun strategi yang diterapkan Shin di lapangan, Ricky tetap menjadi pilihan utama.

Sepanjang Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya membuat satu gol dan satu assist. Gol dibuatnya ke gawang Thailand pada leg kedua final, sementara assist dibuatnya ketika melawan Kamboja.

Penampilan apik Ricky Kambuaya sepanjang Piala AFF 2020 melengkapi performa bagusnya untuk timnas Indonesia sejak mencatatkan debut pada Oktober 2021.

Pada pertandingan perdananya untuk timnas Indonesia, pemain klub Persebaya tersebut membantu skuad “Garuda” menundukkan Taiwan dengan skor 2-1 pada laga leg pertama “play off” Kualifikasi Piala Asia 2023.

Ricky kemudian mencatatkan satu gol dan satu assist pada leg kedua versus Taiwan yang membuat Indonesia menang 3-0 dan memastikan melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan agregat 5-1 atas Taiwan.

Setelah itu, peran Ricky di timnas asuhan Shin Tae-yong tak tergeser. Dia tampil penuh saat melawan Afghanistan dan Myanmar dalam pertandingan uji coba internasional pada November 2021. Saat bersua Myanmar, Ricky juga menorehkan satu gol dan satu assist.

Sementara di level klub, Ricky tampil pada sembilan laga Liga 1 Indonesia 2021-2022 dan sudah mengoleksi empat gol.

Penampilannya yang apik dan konsisten memancing masukan dari pencinta sepak bola nasional agar dirinya melanjutkan karier di luar negeri.

Terkait hal itu, Ricky menegaskan tidak akan menolak jika memang ada kesempatan.

“Kalau ada peluang, mungkin pelatih Shin mau membawa saya ke luar negeri, saya tidak menolak. Itu baik untuk karier,” tutur dia.

Tim nasional Indonesia memastikan diri menjadi peringkat kedua (runner up) Piala AFF 2020 setelah mengimbangi Thailand dengan skor 2-2 pada leg kedua final.

Hasil tersebut membuat Indonesia, yang pada leg pertama takluk 0-4, kalah agregat 2-6 dari sang juara turnamen Thailand.

AND

as