Opini  

Dinamika Pembangunan dan Politik Papua

Anggota DPR Papua Barat Agustinus R. Kambuaya,S.IP.(Foto : Istimewa)

Oleh : Agustinus Kambuaya

Dinamika Politik Dan Pembangunan Papua.
Ada dinamika wacana Pemekaran. Dinamika Pemekaran di Prakarsai orang Papua . Dan Dinamika penolakan juga di Prakarsai orang Papua.

Pro kontra mendukung Pemekaran dan menolak Pemekaran. Yang penting adalah mendalami dasar yang paling dalam  dari perspektif yang mendukung Pemekaran. Dan bagaimana menyelami perspektif yang menolak  Pemekaran.

Sebab kedua arus pikiran  dan Dinamika ini menyangkut eksistensi orang Papua 100 Tahun Mendatang di dalam ruang Pemekaran yang akan tersedia atau tanpa Pemekaran.

How the Existence of Indigenous Papuans.  Both in the expansion space that will be created and how the existence of Papua is also outside the division

Nah tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar dari kedua arus pemikiran ini. Arus pro Pemekaran berpijak pada pentingnya mempercepat Pemekaran untuk memperpendek rentan kendali pelayanan publik, mendorong distribusi kesejahteraan.

Sementara arus penolakan berpijak pada pemikiran bahwa marginalisasi ekonomi sosial dan budaya terjadi. Nah semua argumentasi pro kontra ini memang harus terjadi sebagai dialog dalam masyarakat yang sadar akan kehidupannya baik kemarin, kini dan nanti.

Yang terpenting adalah Semua perspektif pro dan kontra  harus di jembatani agar rumusan arah dan tujuan masa depan umat TUHAN dan Rakyat Papua ini ke depannya. Pembangunan Dan kemajuan tanpa benturan sosial.

ARK. Dinamika Pembangunan Dan Politik Papua. Membangun Jembatan Emas MENUJU TAHUN RAHMAT TUHAN.