DOB PBD Disahkan, Provinsi Induk Anggaran Operasional Awal Rp 5 M

Peta Wilayah Provinsi Papua Barat Daya (Foto : Istimewa)

Koreri.com, Manokwari – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia resmi mensahkan rancangan undang-undang (RUU) menjadi Undang-Undang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya disahkan dalam rapat paripurna ke-10 DPR RI di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara II Kompleks Senayan Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Penjabat Gubernur Papua Barat mengaku bahwa agenda pengesahan DOB PBD ini pemerintah provinsi induk tidak diundang untuk menghadiri rapat paripurna tersebut.

“Nanti pelantikan Pj Gubernur Papua Barat Daya dan penetapan ibukota baru kami pemerintah provinsi induk diundang menghadiri,” kata Waterpauw yang saat ini sedang menghadiri acara HUT ke-122 Kabupaten Fakfak.

Diharapkan Ibukota Provinsi Papua Barat Daya di Kabupaten Sorong yang merupakan ibu yang melahirkan Kabupaten dan Kota di Wilayah Sorong Raya.

Kemudian wilayahnya juga masih sangat luas untuk dikembangkan pembangunan dibuktikan dengan naskah akademi jika dibandingkan dengan Kota Sorong.

Apalagi pemerintah daerah Kabupaten Sorong sudah menghibahkan lahan untuk perkantoran Gubernur Papua Barat Daya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si mengapresiasi pemerintah pusat dan DPR RI yang sudah menjawab keinginan masyarakat Sorong Raya yang sudah menunggu selama 20 tahun lebih.

Sebagai provinsi induk yang memekarkan Papua Barat Daya, Papua Barat siap mendukung pelaksanaan operasional pemerintahan yang sudah dialokasikan dalam APBD Perubahan 2022 sebesar Rp 60 Milyar.

Untuk anggaran operasional awal Pj Gubernur Papua Barat menjelaskan akan mempersiapkan selain dari Kabupaten dan Kota daerah bawahan.

“Dari Provinsi induk mempersiapkan anggaran awal kurang lebih Rp 5 milyar, pasti diberikan bertahap sesuai anggaran yang sudah dialokasikan di APBD Perubahan,” ungkap Waterpauw kepada media ini melalui telpon celulernya kepada media ini, Kamis (17/11/2022).

KENN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *