as
as

Waterpauw Resmikan Revitalisasi Anjungan Daerah Papua Barat TMII

Waterpauw Resmikan Revitalisasi Anjungan Daerah PBt TMII
Pj Gubernur Drs. Paulus Waterpauw, M.Si meresmikan Revitalisasi Anjungan Papua Barat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat (25/11/2022)/(Foto : KENN)

Koreri.com, Jakarta – Anjungan Daerah Provinsi Papua Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta yang direnovasi dan perbaikan (Revitalisasi) sejak bulan September 2022 lalu akhirnya diresmikan Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si, Jumat (25/11/2022).

Dalam jangka waktu dua bulan lebih tim panitia dipimpin Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat Yohanes Momot mampu merevitalisasi anjungan dalam bentuk rumah adat suku besar arfak, kaki seribu.

Sejak tanggal 23 April 2012 Anjungan Papua Barat ini diresmikan mantan Gubernur Alm Abraham O. Atururi, kemudian dalam rangka G20, Mendagri Tito Karnavian dan Mensesneg Pratikno mengingatkan untuk perbaikan.

Perintah kedua mentri itu langsung direspon cepat dengan memberikan instruksi kepada Plt Kadis PUPR bersama tim dengan merubah sejumlah ornamen budaya papua yang mencerminkan kekhususan asli papua.

“Serambi depan ini kita tambahkan dengan ornamen asli papua, anggarannya dari APBD Perubahan 2022,” ujar Paulus Waterpauw.

Diakui Waterpauw bahwa revitalisasi ini belum semua sesuai dengan harapannya dimana hasil dua videotron, pertama terkait dengan hasil kerja selama 6 bulan kemudian kedua tentang potensi daerah.

“Sebenarnya saya mau itu videotron pertama untuk wilayah Sorong Raya, kedua untuk Manokwari Raya dan ketiga untuk Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fakfak dan Kaimana terkait dengan sumber daya dan potensi alam, tapi saya pikir ini sudah sangat luar biasa karena dalam jangka waktu dua bulan lebih sedikit sudah bisa selesaikan revitalisasi,” ujarnya.

Menurut Waterpauw bahwa dari anjungan Papua Barat yang sebelumnya biasa, tampilannya sedikit berbeda warna khas papua.

Sedangkan mantan ketua MRPB Maksi Ahoren mengapresiasi revitalisasi anjungan daerah Papua Barat yang dikerjakan lebih cepat.

“Kami lembaga kultur mengapresiasi apa yang dilakukan mantan Gubernur Papua Barat Abraham Atururi kemudian dilanjutkan Gubernur kedua Dominggus Mandacan dan Pj Gubernur Paulus Waterpauw saat ini, sangat luar biasa ya karena anjungan daerah papua barat TMII ini disulap menjadi rumah kaki seribu, orang pegunungan” kata Maksi Ahoren kepada wartawan.

Namun Maksi juga minta supaya atap dari anjungan ini dibuat bentuk penyu atau kura-kura (teteruga) simbol masyarakat pantai.

Peresmian revitalisasi anjungan daerah Papua Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta diawali dengan penandatanganan prasasti Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si.

Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny Roma MP Waterpauw.

Pj Gubernur bersama tamu undangan mengunjungi ruangan anjungan daerah papua barat untuk melihat renovasi yang sudah dilakukan.

Hadir dalam peresmian revitalisasi anjungan daerah Papua Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pj Gubernur, Paulus Waterpauw, Pj TP PKK Papua Barat Ny Roma MP Waterpauw, mantan Ketua MRPB Maksi Ahoren, Anggota DPD RI dapil Papua Barat Filep Wamafma dan M. Sanusi Rahaningmas.

Sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua Barat, Bupati Manokwari Hermus Indou, mantan Wakil Gubernur PB Irene Manibuy dan Mohammad Lakotani serta tamu undangan lainnya.

Anak-anak papua yang tergabung dalam grup banda dan tarian adat papua terlibat untuk menghibur tamu undangan yang hadir.

KENN

as