as
as

Cegah Inflasi, Pemkot Ambon – Malteng Teken MoU Distribusi Komoditas Pangan

IMG 20230215 WA0014

Koreri.com, Ambon – Pemerintah Kota Ambon menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah terkait distribusi komoditas pangan.

Penandatanganan MoU berlangsung di halaman parkir Balai Kota, Rabu (15/02/23).

as

Penjabat Wali Kota Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman kedua pemerintahan ini dalam rangka pasokan bahan kebutuhan pokok dari Pemkab Maluku Tengah.

“Belakangan ini kita sangat disibukan dan menaruh perhatian yang sangat tinggi kepada penanganan inflasi di seluruh jajaran Pemerintahan baik pusat maupun Kabupaten/Kota berlomba-lomba untuk mengintervensi berbagai hal guna menekan lajunya inflasi pada wilayah kerja masing – masing,” terangnya.

Apalagi, untuk Kota Ambon sendiri masih ada dalam situasi yang menghawatirkan.

“Karena dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, Kota Ambon ada dalam inflasi yang cukup tinggi,” bebernya.

Pada Januari hingga awal Febuari sebagaimana dilansir dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menunjukan bahwa tingkat inflasi di Kota Ambon mon to mon memang deflasi 0,21 tetapi tingkat inflasi year on year ada pada angka yang cukup tinggi dan masih tinggi diangka 5,8 persen melebihi rata-rata nasional 5,45 persen.

Kondisi inilah yang menyebabkan Pemkot Ambon terus melakukan berbagai upaya untuk menekan lajunya inflasi dimaksud.

Penjabat kemudian menjelaskan dua faktor pemicu inflasi. Dimana yang pertama adminitrasi price ini adalah kebijakan Pemerintah Pusat yang dampaknya terasa di kabupaten/kota dan menjadi faktor pemicu inflasi.

“Apa itu? Kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang menyebabkan harga di daerah menjadi tinggi yang kemudian memicu inflasi. Yang kedua, kebijakan transportasi lewat harga tiket pesawat menyebabkan penumpang Kota Ambon membeli harga tiket yang tinggi menjadi pemicu inflasi. Juga kenaikan cukai pada rokok kretek menyebabkan inflasi,” jelasnya.

Penjabat berharap, penandatanganan MoU yang di lakukan antara Pemkot bersama Kabupaten Maluku Tengah dalam upaya ketersediannya bahan pangan stok bagi masyarakat di Kota Ambon dapat menekan lajunya inflasi.

JFL

as